Kedepan, Penduduk Bebas Biaya Kesehatan

FOKUSMANADO.COM / Wali Kota Manado, Dr. Ir. GS Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA   

FOKUSMANADO.COM, MANADO – Wali Kota Manado, Dr. Ir. GS Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEASabtu (24/11/12)  mengingatkan kembali soal penyakit yang tidak menular dan penyakit yang disebabkan oleh perubahan life style yang saat ini makin meningkat.

Kepada media ini, wali-kota menyebutkan, Data Riskesdas 2010 menunjukkan 59 % angka kematian di Indonesia disebabkan oleh penyakit yang tidak menular dan penyakit yang diakibakan oleh perubahan gaya hidup.

Dikatakan pula, semua penyakit tersebut dapat dicegah dengan gaya hidup sehat antara lain pola makan makanan bergizi seimbang, mengendalikan berat badan, menghindari stres, melakukan olah raga teratur, tidak merokok, dan berperilaku seksual yang bertanggung jawab.

“iya, semua penyakit dapat dicegah secara dini dengan melakukan berbagai kegiatan yang positif, misalnya berolah raga, melakukan pola makan yang bergizi dan berimbang. Termasuk, mengendalikan berat badan, menghindari stres, tidak merokok dan berprilaku Seksual yang bertanggung jawab. “Ungkap ketua Apeksi ini.

Dijelaskannya untuk membangun kesehatan, upaya promotif-preventif harus diutamakan, karena selain menurunkan jumlah orang yang sakit, juga akan berdampak pada efisiensi biaya kesehatan.
“Pemerintah saat ini tengah berupaya agar pada tahun 2019 seluruh penduduk Indonesia memiliki jaminan kesehatan untuk memperoleh pelayanan kesehatan yang komprehensif dan bermutu tanpa kendala pembiayaan,”tandasnya.(*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s