Mangindaan Kunjungi Sampah Beromzet Ratusan Juta

FOKUSMANADO.COM / Mangindaan Kunjungi Sampah Beromzet Ratusan Juta  

FOKUSMANADO.COM, MANADO – Tindak lanjut studi banding di kota Surabaya pengelolaan bank sampah, makin dimantapkan Pemkot Manado.

Lihat saja, Wakil Wali Kota Manado, Harley MangindaanSelasa (20/11/12) siang, langsung melakukan temu muka dengan Herman Londah, warga kelurahan Kombos Timur yang telah menggeluti usaha pengumpul sampah yang bisa membawa nilai ekonomis.

Bukan hanya itu, Ai sapaan akrab Wakil Wali Kota menegaskan akan siap menfasilitasi usaha tersebut dengan rencana adanya kerjasama bersama dengan BUMN.

“Saya bangga dengan warga yang telah berupaya mengumpul sampah tapi ada manfaat yang besar bagi lingkungan. Disatu sisi sampah kertas, plastik bisa menambah penghasilan tapi disatu sisi juga telah membuka ruang lapangan kerja bagi warga sekitar. Dan lebih penting telah menerapkan program pemerintah karena menbawa efek menurunkan volume sampah di TPA,”terang Wawali. Londah sendiri mengakui, kalau usaha yang digelutinya bisa memperkerjakan sedikitnya puluhan warga setempat. “Karena tiap bulan ada 175 ton sampah gardus, 50 ton sampah kertas HVS, dan sampah duplex 25 ton dan koran bekas hingga 15 ton. Saya membeli sampah dari warga dan bisa pekerjakan sampai 50 pekerja diwaktu bahan berlimpah,”terang Londah kepada Mangindaan.

Londah sendiri mengakui usaha telah digelutinya 2 tahun berjalan dan sebelumnya hanya bisa menyewa kendaraan untuk mengangkut sampah ke Bitung tapi kini telah miliki truk sendiri.

“Dulu sewa kendaraan sampai 300 ribu, tapi sekarang dengan adanya usaha sampah ini saya sudah bisa membeli truk satu unit untuk angkutan sampah ke Bitung. Saya pun berterumah kasih karena ada rencana bantuan yang difasilitasi Pemkot Manado bersamaan dengan kunjungan Wakil Walikota ini,”kunci Londah.

Dalam kunjngan ke bank sampah di Kombos Timur Mangindaan ikut didampingi Kadis Kebersihan dan Pertamanan, Julises Oehlers SH, Kaban BLH Joshua Pangkerego, Camat Singkil Herry Saptono, Lurah Kombos Timur Deiske Kalengkongan.(*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s