Pokja Bitung, Seriusi Ilegal Fishing

FOKUSMANADO.COM / Perbatasan Kota Bitung dan Minahasa Utara  

FOKUSMANADO.COM, BITUNG – Pertemuan rutin yang dilaksanakan setiap bulan sekali, kelompok kerja (Pokja) minapolitan Bitung, Jumat (23/11/12) sore, di kantor Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) menyimpulkan beberapa hal begitu mendadak. Pasalnya untuk tahun 2012, ada 11 kasus illegal fishing yang sudah terjadi di Kota Bitung. Dimana seluruh penangkapan ditemukan ABK berwarga Pilipina tanpa dokumen.

Rapat yang dipimpin ketua Pokja, Edison Humiang menjelaskan, pertemuan ini sangat penting guna mengecek perkembangan fisik dan teknis kawasan minapolitan.

“Ada beberapa kesimpulan yang diambil saat pertemuan, mengingat banyak terjadi hal – hal yang tidak kita inginkan belakangan ini, seperti adanya kasus – kasus ilegal fishing yang sementara ini terus terjadi di kota Bitung, untuk itu kesimpulan kami amil agar bisa menangani hal – hal seperti itu,”jelas Humiang.
Lanjuntnya, kesimpulan yang diambil dalam pertemuan ini, merupakan keputusan yang baik untuk di jalankan.

“Yang pasti kesimpulan ini baik untuk menangani hal – hal yang kurang baik terjadi di Kota Bitung,”tukasnya.

Dalam perbincangan yang dihadiri oleh sejumlah SKPD terkait dan instansi UPTD Kementerian Kelautan dan Perikanan menekankan hal diantaranya, peningkatan pengawasan terhadap kapal penangkap ikan asing.
Demikian pula halnya terkait lingkungan,banyak terumbu karang rusak serta biota ikan punah di selat Lembeh akibat pembuangan limbah industri.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan kota Bitung, Ir.Hengky Wowor mengatakan,  tim Pokja minapolitan komitmen untuk fokus memberantas illegal fishing dan peningkatan pengawasan lingkungan selat Lembeh.

“yang yang diutamakan dalam pertemuan Pokja kemarin, dan ada beberapa kesimpulan yang sudah ditetapkan untuk menangani hal – hal yang terkait illegal fishing dan peningkatan pengawasan lingkungan selat Lembeh,”ujarnya, Sabtu (24/11/12) siang.

Ia juga mengatakan, diharapkan adanya kerjasama dari Masyarakat agar menyukseskan memberantas ilegal fishing yang kerap terjadi di Kota Bitung ini.(*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s