Gunung Lokon Meletus, Warga tomohon Panik

FOKUSMANADO.COM / Gunung Lokon Meletus  

FOKUSMANADO.COM, TOMOHON – Gunung Lokon yang Kota Tomohon kembali meletus, Senin (26/11/21), diperkirakan pukul 11:20 WITA.  Saat erupsi, gunung setinggi 1579 meter itu menghembuskan abu vulkanik setinggi 2,5 kilometer.

Menurut salah satu Warga, Jefry Massie, yang tinggal di pinggiran Gunung tersebut, gunung Lokon sudah berapa kali menghembuskan Abu vulkanik sampai saat ini, tapi letus pertamanya yang sanagt mengagetkan.

“Kami sempat panik dengan meletusnya gunung ini, tapi kami sudah lama tinggal ini, jadi merasa sudah terbiasa. Kami hanya kwatirkan jika gunung ini kembali meletus dan lebih tinggi lagi,”ujarnya.

Lanjutnya, kami harapkan pemerintah setempat dapat melakukan pemantauan kepada setiap wargayang berada dibawa kaki gunung, karena dikwatirkan mereka merasa panik.

“Sedangkan kami sudah merasa jauh dari Gunung itu sudah merasa takut, apalagi yang tinggal di kaki gunung. Untuk itu pemerintah harus beri isyarat jika adanya letusan susulanagar masyarakat sudah bisa bersedia untuk melakukan pengungsian,”tuturnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Provinsi Sulawesi Utara, Hoyke Makarawung mengimbau, warga tetap waspada dan tidak panik.

Dia juga melarang warga untuk beraktivitas di zona larangan.

“Gunung Lokon masih berstatus siaga (level III). Warga dilarang untuk beraktivitas pada radius 2,5 km dari pusat kegiatan, kawah Tompaluan,”tandasnya.(*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s