Bakrie Terdepak Dari Jejeran Orang Terkaya Indonesia

FOKUSMANADO.COM / Aburizal Bakrie, Ketua Umum Partai Golkar  

FOKUSMANADO.COM, JAKARTA – Yang lalunya Aburizal Bakrie masih sanjung orang terkaya di Indonesia, kini dirinya terdepak dari daftar 40 orang terkaya Indonesia di tahun 2012 versi Forbes. Padahal Bakrie telah masuk daftar orang terkaya sejak Forbes Asia melakukan penjurian pada 2006.

Beberapa analis mengatakan, terdepaknya nama keluarga Bakrie dari daftar disebabkan strategi mereka dalam mengumpulkan aset, termasuk polemik Bumi Resources yang terjerat utang dan tidak mampu membayar utangnya sehingga kolaps.

Saham di Bumi Plc, perusahaan yang didirikan oleh keluarga Bakrie dan Nathaniel Rothschild yang tercatat di bursa London, harganya turun 70 persen. Keluarga Bakrie saat ini terlibat perseteruan dengan Rotschild akibat salah kelola di perusahaan seiring upayanya untuk membeli kembali asetnya.

Berdasarkan estimasi Forbes, perusahaan grup Bakrie memiliki aset publik hampir senilai US$ 1 miliar. Namun tidak jelas berapa dari aset tersebut yang telah dimanfaatkan. PT Bakrie & Brothers—sebagai induk perusahaan tidak memberikan tanggapan permintaan wawancara Forbes soal aset dan utang mereka.

Analis dan pendiri Independent Research & Advisory Indonesia, Lin Che Wei, mengatakan, dari hasil penelitiannya, 10 perusahaan yang terafiliasi dengan Bakrie memiliki total utang US$ 7,84 miliar. »Nilai aset mereka anjlok akibat turunnya harga komoditas. Ketika harga komoditas naik, maka nilai aset mereka akan naik dua kali lipat. Namun sulit bagi mereka untuk menjual aset guna membayar utang karena banyaknya saham mereka yang dijanjikan kepada pemberi pinjaman,” ujar Lin, seperti dikutip Forbes.

Keluarga Bakrie mampu bertahan dari dampak krisis ekonomi Asia pada 1998 maupun krisis finansial global pada 2008. Namun, tahun ini, nama keluarga Bakrie tidak lagi diperhitungkan dalam daftar orang terkaya di Indonesia.(*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s