HIV/AIDS di Sulut Capai 1.158 Orang

FOKUSMANADO.COM / Wakil Gubernur Dr. Djouhari Kansil, MPd saat melepas jalan sehat bersama dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia  

FOKUSMANADO.COM, PEMPROV – Berdasarkan data dari Dinas kesehatan Provinsi Sulut jumlah penderita HIV/AIDS di daerah ini dari tahun 1997 sampai bulan oktober 2012  telah mencapai 1.158 orang penderita, Dimana ibu-ibu rumah tangga yang paling tinggi jumlahnya yaitu 225 orang atau sebesar 19, 4 %. Demikian dikatakan, Wakil Gubernur Dr. Djouhari Kansil, MPd saat melepas jalan sehat bersama dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia (HAS) tingkat provinsi sulut, di halaman kantor gubernur, Jumat (30/11) pagi.

Menurutnya, untuk menyelesaikan permasalahan HIV/AIDS ini, diperlukan kerjasama lintas sektor dan strategi nasional yang terkoordinasi dan sinergi dengan memberdayakanpopulaso kunci sebagai populasi neresiko tinggi tertular HIV/AIDS, dukungan dunia usaha,serta komitmen yang kuat dari pemerintah dan harus adanya kepedulian dari masyarakat, ajak Ketua Pelaksana Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi Sulut ini.

“Ajakan orang nomor dua di Sulut itu, sejalan dengan salah satu tujuan pembangunan Millenium 2015, yaitu menurunkan secara signifikan prevalensi dan insidensi HIV/AIDS”, kata Kansil.

Untuk itu Kansil mengajak, melalui peringatan HAS tahun 2012 di sulut ini, diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang mempengaruhi masyarakat untuk berhenti menutup mata terhadap kekerasan pada perempuan dan anak serta meningkatkan akan kewajiban masyarakat untuk melindungi perempuan dan anak, sekaligus diberi tindakan hukum terhadap oknum-oknum yang melakukan tindakan kekerasan pada perempuan dan anak.

Sementara itu, Kepala BP3A Sulut Ir Mieke Pangkong, MSi menjelaskan, Jalan sehat yang diikuti unsur forkompimda sulut, pejabat teras pemprov siswa dan mahasiswa tersebut berakhir di lapangan basket mega mas.

Dilanjutkan dengan senam bersama, pemberian tanda kasih berupa bunga kepada komunitas gay, waria,LSL kawanua sulut oleh Wagub, lomba pidato, road show kampanye anti HIV/AIDS dan narkoba, pembagian kondom gratis serta MOU antara Komisi Penanggulangan AIDS Prov. Sulut dengandengan SKPD terkati penanggulangan AIDS dan Narkoba Prov. Sulut yakni Dinas Sosial, Dinas Kesehatan dan Disnakertrans sulut.(*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s