Nazaruddin: Angie Sumbang 5 M Atas Kemenangan Anas

FOKUSMANADO.COM / Sidang Neneng Sri Wahyuni 

FOKUSMANADO.COM, JAKARTA – Loyalitas Angelina Sondakh kepada Anas Urbaningrum begitu besar. Sampai-sampai, Angelina menyumbang Rp 5 miliar agar Anas terpilih sebagai Ketua Umum Partai Demokrat pada 2010, yang saat itu menjabat Ketua Fraksi Demokrat di DPR RI.

Cerita di atas keluar dari mulut bekas Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin kala bersaksi untuk Angelina, terdakwa korupsi proses penggiringan proyek pada Kementerian Pendidikan Nasional dan Kementerian Pemuda dan Olahraga.

“Untuk kepentingan 15 April 2010, terdakwa bantu Rp 2 miliar. Pas hari H, terdakwa bantu Rp 1 miliar. Tapi, sekitar Maret, terdakwa kasih langsung ke Anas Rp 2 miliar,” ujar Nazaruddin saat bersaksi untuk Angelina di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Kamis (29/11/2012).

Nazaruddin mengakui, jauh hari sebelum pemilihan ketua umum partai di Bandung, Anas susun strategi kemenangan, dengan membentuk tim sukses lewat koleganya di DPR pada Januari 2010. Berdasar estimasi Nazaruddin dan Anas, dibutuhkan dana Rp 300 miliar.

Belakangan diketahui, uang sebanyak itu diperuntukkan membayar sewa hotel, mengongkosi perwakilan DPC hampir Rp 430 juta, di mana tiap utusan mendapat Rp 15 juta, membayar 450 kamar hotel, dan membayar jasa event organizer.

Berdasar estimasi tadi, Nazaruddin melanjutkan, Anas pun sibuk. Sebagai Ketua Fraksi Partai Demokrat, Anas meminta para pendukungnya di DPR RI untuk bergerilya mencari dana. Semua anggota fraksi yang berurusan dengan anggaran diminta menyetor.

“Mas Anas ini tahu dari Bu Angie (panggilan akrab Angelina), dana dari proyek mana saja, lainnya dari proyek mana lagi. Ini supaya jelas kontribusi masing-masing teman-teman untuk Mas Anas maju sebagai calon ketua umum,” terang Nazaruddin yang mengaku dekat dengan Anas sejak 2005.

Hakim sempat mempertanyakan, kenapa Angelina hanya sumbang Rp 5 miliar, padahal dalam berita acara pemeriksaan Rp 10 miliar, diluruskan Nazaruddin. Uang itu datang bukan dari Angelina sendiri, tapi dari tiga sumber.

Para penyumbang itu adalah Mirwan Amir sebesar Rp 5 miliar. Uang ini didapat Mirwan yang juga anggota Badan Anggaran DPR RI dari proyek pusat olahraga nasional di Bukit Hambalang. Ada juga dari bekas Ketua Komisi X, Mahyuddin sebesar Rp 1 miliar, yang didapat dari proyek Hambalang.

Nazaruddin paham betul muasal amunisi dana yang diplot untuk memenangkan Anas sebagai ketum lantaran posisinya sebagai Bendahara Fraksi Demokrat. Semua loyalis Anas di DPR yang mencari dana pemenangan disetorkan kepada Nazaruddin sehingga dirinya tahu asal dana.(*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s