Pemko Rapat Inventarisasi Tanah Kota

FOKUSMANADO.COM / Rapat Inventarisasi Penataan, Penguasaan, Pemilikan, Penggunaan dan Pemanfaatan Tanah di Kota Tomohon  

FOKUSMANADO.COM, TOMOHON – Pemerintah Kota Tomohon lewat Bagian Administrasi Pemerintahan Umum Sekretariat Daerah Kota Tomohon melaksanakan kegiatan Rapat Inventarisasi Penataan, Penguasaan, Pemilikan, Penggunaan dan Pemanfaatan Tanah di Kota Tomohon, yang bertempat Lantai III Kantor Walikota Tomohon pada hari Selasa, (27/11/12) siang berjalan dengan baik.

Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Umum, James A. H. Rotikan, SE mengatakan, tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman aparat pemerintah tentang Investarisasi Penataan, Penguasaan, Pemilikan, Penggunaan dan Pemanfaatan Tanah sehingga dapat terciptanya tertib administrasi pertanahan.

Sekretais Daerah Kota Tomohon, DR.Drs. Arnold Poli,SH. MAP mengatakan, hukum agraria yang berlaku saat ini diharapkan dapat menjamin kepastian hukum bagi seluruh rakyat Indonesia karena merupakan salah satu alat penting untuk membangun masyarakat yang adil dan makmur.

“Salah satu tujuan pokok UU Agraria adalah meletakan dasar-dasar bagi penyusunan hukum agraria nasional dan merupakan alat untyk membawakan kemakmuran, kebahagiaan dan keadilan bagi negara dan rakyat, terutama rakyat tani dalam rangka masyarakat adil dan makmur,”tegasnya.

Lanjutnya, inventarisasi penataan, penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah merupakan salah satu kegiatan dalam hukum pertanahan yang bertujuan untuk menyediakan data dan informasi penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah guna pelaksanaan landreform dan kegiatan ini bukanlah merupakan hasil akhir karena hanya berupa data tekstual dan spatial yang dapat dipergunakan untuk penyusunan kebijakan pertanahan, membangun sistem informasi pertanahan serta dapat dutindaklanjuti kegiatan pertanahan lainnya.

“Sebagai perangkat daerah, camat dan lurah mempunyai peran yang sangat signifikan terhadap semua pelaksanaan kegiatan pertanahan, mengingat camat dan lurah sebagai pejabat yang mengetahui riwayat tanah di wilayah kerja masing-masing,”tuturnya seraya berharap kepada peserta agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan penuh rasa tanggung jawab sehingga dapat mengaplikasikan dalam tugas pekerjaan kita masing-masing agar tercipta administrasi pertanahan yang baik.

Sebagai Nara Sumber dalam Kegiatan ini Kepala Kantor Pertanahan Kota Tomohon Ir. Jorry Rapar.
Peserta berjumlah 145 orang berasal dari staff ahli 5 orang, Assisten 3 orang, Kepala Dinas/Badan/Kantor 44 orang, Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan 5 orang, Para Lurah se Kota Tomohon 44 orang dan Kepala Seksi Pemerintahan dan trantib kelurahan 44 orang.

Hadir dalam kegiatan ini Assisten Pemerintahan Dan Kesra Drs. Gerson Mamuaja , Sekretaris-sekretaris SKPD serta para staf.(*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s