Kansil Serahkan DAK2 ke KPU

FOKUSMANADO.COM / Wakil Gubernur Sulut, DR. Djouhari Kansil, MPd, saat menyerahkan DAK2 ke Ketua KPU Prov. Sulut, Dra. Livi Alow  

FOKUSMANADO.COM, PEMPROV – Wakil Gubernur Sulut Dr. Djouhari Kansil, MPd antas nama Mendagri menyerahkan Data Agregat Kependudukan Per Kecamatan  (DAK2) kepada Ketua KPU Provinsi Dra. Livi Alow, di ruang Huyula Kantor Gubernur, Kamis (06/12/12) siang. Penyerahan DAK2 secara nasional dengan jumlah penduduk 251.454.637 jiwa yang tersebar di 33 Provinsi dan 491 kab/ko dikemas dalam bentuk compact disc.

Mendagri Gamawan Fauzi dalam sambutan tertulis yang disampaikan Kansil  mengatakan, penyerahan DAK2 tersebut merupakan tahapan yang mendasar dalam proses Pemilu Anggota DPR, DPD dan DPRD sebagaimana diamanatkan oleh UU No. 8 Tahun 2012 sebagai sarana perwujudan kedaulatan rakyat untuk menghasilkan wakil rakyat yang aspiratif, berkualitas dan bertanggung jawab berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

“UU No. 8 Tahun 2012 mengamanatkan bahwa pemerintah dan pemerintah daerah menyediakan data kependudukan dalam bentuk DAK2 sebagai bahan KPU untuk menyusun dapil DPRD Provinsi dan DPRD Kab/Ko, dan DAK2 sudah harus tersedia dan diserahkan paling lambat 16 (enam belas) bulan sebelum hari pemunggutan suara,”ujarnya.

Kansil menyebutkan, proses penyiapan DAK2 yang diserahkan ini, bersumber dari database kependudukan yang sudah dimutahirkan oleh Discapilduk kab/ko sampaidengan 20 Nopember 2012, serta telah diintegrasikan dengan hasil perekaman e-KTP sampai dengantanggal 26 Nopember 2012 oleh Ditjen Dukcapil Kemendagri.

Sementara itu, Karo Pemerintahan dan Humas Dr. Noudy RP. Tendean, SIP MSi menegaskan, maksud  tersedianya DAK2 sebagai bahan KPUD dalam menyusun Dapil DPRD Provinsi dan DPRD kab/ko, dan tersedianya data pemilih yang akurat.

“Sedangkan  tujuannya yaitu meningkatkan mutu demokrasi yang dilaksanakan melalui pemilu dan pemilukada,”tandas mantan Dirut IPDN Regional Sulut ini.(Alex)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s