Dubes RI Serahkan Surat-surat Kepercayaan

FOKUSMANADO.COM / Seoul John A Prasetio menyerahkan Surat-surat Kepercayaan kepada Presiden Korea Selatan Lee Myung-bak 

FOKUSMANADO.COM, KORSEL – Duta besar RI Seoul John A Prasetio menyerahkan Surat-surat Kepercayaan kepada Presiden Korea Selatan (Korsel) Lee Myung-bak di Istana Presiden, The Blue House, Kamis (06/12/12).

Usai penyerahan Surat-surat Kepercayaan, keduanya mengadakan pembicaran singkat mengenai perkembangan hubungan bilateral.

Hubungan kedua negara yang berlandaskan pada kemitraan strategis telah menunjukkan peningkatan yang signifikan. Kemitraan tersebut juga telah berkembang meliputi berbagai bidang.

Kerjasama yang paling akhir disepakati antara lain pengembangan green car, kerjasama energi dan energi terbarukan. Demikian inti pembicaraan dalam pertemuan bilateral tersebut.

Korea Selatan merupakan salah satu negara sahabat yang paling dapat dipercaya (the most trusted friend of the Republic of Indonesia) dalam kerjasama industri pertahanan. Sebaliknya, Korea Selatan tetap menilai Indonesia sebagai salah satu mitra utama.

Disamping itu, Prasetio mengatakan, kerjasama di bidang ekonomi kedua negara telah berlangsung cukup lama. Beberapa pengusaha besar Korea Selatan (Chaebol) telah melakukan kerjasama di Indonesia  sejak tahun 1970-an saat Duta Besar RI untuk Seoul masih dijabat oleh Letjen TNI Sarwo Edie Wibowo.

Kerjasama di bidang lingkungan yaitu program restorasi/reklamasi sungai Ciliwung yang merupakan salah satu bentuk kerjasama lingkungan Indonesia – Korea telah mulai berjalan.

“Diharapkan program tersebut dapat menjadi percontohan yang dapat dikembangkan untuk proyek terkait lainnya,”ujar Prasetio.

Presiden Lee menyatakan penghargaan pemerintah Korsel atas keikutsertaan Indonesia dalam Global Green Growth Institute (GGGI) dan mengharapkan kerjasama kedua negara dapat terus ditingkatkan.

Korea Selatan mengharapkan Indonesia juga dapat menyumbangkan peran aktifnya dalam upaya pelestarian lingkungan dan pembangunan yang berwawasan lingkungan.

Pada kesempatan itu, Presiden Lee juga menyampaikan penghargaan atas suksesnya Bali Decocracy Forum (BDF) V yang saat itu ia menjadi Co-Chair. Presiden Lee Myung-bak mengharapkan kedua negara dapat terus memajukan demokrasi di kawasan Asia.(Red)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s