Bank Sampah Diresmikan Wali Kota

FOKUSMANADO.COM / Wali Kota Bitung Hanny Sondakh penekanan tombol bersama Wakil Wali Kota M.J.Lomban dan Kapolres Bitung  AKBP Harvin Raslin 

FOKUSMANADO.COM, BITUNG – Untuk mengoptimalkan penanganan sampah di kota Bitung, beberapa waktu lalu telah dicanangkan program pemilahan dan pengurangan sampah atau Promirah yang berlokasi di kelurahan Sagerat weru dua kecamatan Matuari.

Kali ini pemerintah kota Bitung melalui Dinas Kebersihan melakukan terobosan baru dengan meresmikan bank sampah Promirah cabang di delapan kecamatan.

Peresmian bank sampah Promirah sekaligus pula dirangkaikan dengan pengukuhan lembaga pengelola sampah tingkat kecamatan, kelurahan, lingkungan dan RT dilakukan oleh Wali Kota Bitung Hanny Sondakh yang ditandai dengan penekanan tombol bersama Wakil Wali Kota M.J.Lomban dan Kapolres Bitung  AKBP Harvin Raslin dalam apel yang berlangsung di lapangan upacara kantor Wali Kota, Selasa (11/12/12) siang.

Menurut kepala Dinas Kebersihan Yossi Kawengian dalam laporannya mengatakan, menindaklanjuti pencanangan Promirah pada beberapa waktu lalu telah dilakukan upaya pemilahan sampah dan pengurangan sampah yang dilakukan oleh masyarakat dan diikuti oleh pihak sekolah.

“Sampai saat ini tercatat sebanyak 126 nasabah dengan berat sampah 14 ton 135 kilogram jika diuangkan sebesar Rp. 20.621.950.,”ungkapnya.

Ia juga menjelaskan, Bank sampah Promirah pengoperasiannya sama dengan bank biasanya yang berbeda kalu bank sampah yang ditabung adalah sampah saldonya menjadi uang atau form trash cash dan tidak melayani kredit.

Sementara itu, Sondakh dalam sambutan mengatakan, pengelolaan sampah merupakan program yang berkaitan dengan perencanaan, penanganan maupun pengurangan sampah, saat ini kita sedang giat melaksanakan kegiatan pemilahan dan pengurangan sampah, kegiatan ini bertujuan untuk memilah sampah mulai dari rumah tangga maupun sampah lingkungan untuk dapat dimanfaatkan.

“Saya memberikan apresiasi atas kegiatan ini dan berharap melalui peresmian bank sampah dan pengukuhan lembaga pengelola sampah tingkat kecamatan, kelurahan, lingkungan dan RT penanganan sampah akan semakin baik dan berkualitas sehingga akan memberikan dampak yang baik untuk kesehatan lingkungan terutama masyarakat,”tuturnya.

Kegiatan itu diakhiri Sondakh bersama wakil walikota M.J.Lomban dan kapolres Bitung  AKBP Harvin Raslin melepas balon sebagai tanda dimulainya pengoperasian bank sampah di delapan kecamatan se – kota Bitung.(ndo)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s