Kota Manado Cegah KKN

FOKUSMANADO.COM / Sekretaris Daerah Kota Manado, Ir. MHF. Sendoh saat rapat sosialisasi SPIP  

FOKUSMANADO.COM, MANADO – Salah satu upaya untuk mewujudkan pemerintah kota Manado yang bersih dan berwibawa, Selasa (11/12/12) siang, Inpektorat melakukan sosialisasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) bertempat di hotel Aston Manado.

Wali Kota Manado, Dr. Ir. GS. Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA melalui Sekretaris Daerah, Ir. MHF. Sendoh mengatakan bahwa SPIP merupakan kegiatan yang penting dan strategis.

“Menghadirkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa karena sudah menjadi tekad pemerintah kota Manado, yang telah tertuang ke dalam salah satu point grand strategi, yaitu menerapkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih,” kata Sendoh.

Lanjutnya, untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa, keseluruhan rangkaian kegiatan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, sampai pada pertanggung jawaban harus berjalan secara terkendali, efektif dan efisien.

“Untuk dapat menjalankan SPIP secara efektif, aparatur pemerintah kota Manado wajib memahaminya dengan baik, memiliki tekad dan komitmen yang kuat untuk menerapkan SPIP secara sungguh-sungguh dalam satu tujuan, yaitu menghadirkan pemerintah kota Manado yang semakin bersih dan berwibawa,” papar Sendoh.

Diharapkannya lagi agar peserta sosialisasi dapat mengikuti dengan penuh kesungguhan, sehingga memperluas cakrawala pemahaman dan kemampuan, dan sekaligus membangun kesatuan komitmen dan persepsi untuk menerapkan SPIP dengan baik di tubuh pemerintah kota Manado.

Dalam kesempatan tersebut Inspektur Drs. A.A. Kewas dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan sosialisasi agar SKPD dapat memahami mengenai pentingnya manajemen SPIP. Sebagai pemateri  BPKP perwakila Sulut, John Motto, SE.

Menurut Motto SPIP diperlukan karena masih banyak KKN. “Dulu bersifat hard control, yaitu pengendaliaan hanya ditekankan pada peraturan dan sistem, tapi sekarang ditekankan juga pada soft control, yaitu integritas, komitmen, kepemimpinan dan nilai etika. Hard control dan soft control harus padu,”tandas Motto.(Nikson)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s