92 Kapal Angkutan Migas di Beli Petamina

FOKUSMANADO.COM / Salah satu Kapal baru yang dibeli Pertamina  

FOKUSMANADO.COM, JAKARTA – PT Pertamina Persero melebarkan sayap di bisnis pelayaran dengan membeli sekitar 92 kapal kargo baru. Dengan ekspansi ini, Pertamina memiliki 50 persen dari total kapal yang dioperasikannya. Saat ini Pertamina baru memiliki 53 unit kapal migas.

“Sudah ada hitungan investasinya, kira-kira mencapai ratusan juta dolar,” kata Wakil Presiden Pengembangan Perkapalan dan Komersial Pertamina, Subagjo H Noeijanto, Rabu, (12/12/12), di kantor PT Pertamina, Jakarta.

Ia mengungkapkan, sejauh ini Pertamina masih terus melakukan perhitungan-perhitungan efisiensi. Pertamina tidak akan menguasai seluruh atau 100 persen kapal untuk angkutan dalam negeri. Pertimbangannya, Pertamina tak ingin menanggung risiko yang ujungnya menyedot anggaran. “Dengan menguasai 50 persen cukup aman untuk utilisasi,” katanya.

Hingga kini, menurut Subagjo, pihaknya masih menghitung pilihan mendatangkan unit baru dengan kapal yang sudah beroperasi. Pertamina, menurutnya, menekankan agar mempertimbangkan tingkat efisiensi.
Selain target penguasaan, Pertamina sebenarnya berencana mendatangkan 10 unit kapal baru dengan kapasitas kecil. Untuk melakukan itu Pertamina tetap berkomunikasi dengan Kementerian Perdagangan.

“Intinya kami prioritaskan pengadaan kapal produksi dalam negeri,” katanya.

Sebagai gambaran, Pertamina saat ini memiliki 34 persen kapal dari kebutuhan kegiatan operasionalnya. Sementara 68 persen masih menyewa. Rata-rata kapal yang beroperasi berusia 17,56 tahun.(TEMPO.CO/FM)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s