Pemerintah Harus Beri Pemahaman Jelas Kepada Warga

FOKUSMANADO.COM / John Albert Octavianus Dumais, Ketua Komisi I Deprov Sulut   

FOKUSMANADO.COM, DEPROV – Rencana pembangunan jalan tol Manado-Bitung di beberapa wilayah mengalami kendala sulitnya dalam melakukan pembebasan lahan. Untuk itu Ketua Komisi I Dewan Provinsi (Deprov) Sulawesi Utara (Sulut) John Albert Octavianus Dumais, meminta kepada pemerintah setempat untuk intens melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

“Pemerintah kabupaten dan kota yang akan dilalui jalan tol harus intens melakukan sosialisasi. Biasanya terkendala pada perbedaan pemahaman dari warga,”ujar Legislator Dapil Bitung itu, Kamis (06/12/12) siang.

Lanjutnya,melihat koordinat pembangunan jalan tol di Desa Kakenturan, Kecamatan Maesa, Kota Bitung. Beberapa tempat ibadah seperti gereja dan mesjid masuk lintasan jalan tol. Dengan itu adanya pertemuan dengan pemuka agama atau pertemuan dengan warga, agar perjalanan untuk pembangunan jalan tol bisa berjalan dengan baik.

“Intinya Pemerintah akan memberikan ganti rugi. Tapi harus diberi pemahaman sejelas-jelasnya agar tidak ada persepsi keliru dari masyarakat,” tukas Calon Wali Kota Bitung itu.

Diketahui, Pemprov Sulut mentargetkan pembebasan lahan selesai tahun 2012 ini. Namun perkembangan terkait target itu sulit tercapai sehingga proses pembebasan lahan jalan tol digeser hingga 2014 mendatang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s