Pemprov Sulut Terima Sosialisasi Audit BPK RI

FOKUSMANADO.COM / Gubernur Sulut, Sinyo Harry Sarundajang saat Memberikan penjelasan  

FOKUSMANADO.COM, PEMPROV – Pejabat Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara hari ini (Kamis, 13/12/12) siang menerima Sosialisasi Audit Berperspektif Lingkungan dari salah satu anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Dr. Ali Masykur Mussa, M.Si, M.Hum, yang dilaksanakan di Ruang Mapaluse Kantor Gubernur Sulawesi Utara dan dipimpin langsung oleh Gubernur Dr. Sinyo Harry Sarundajang dan juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Dr. Djouhari Kansil, M.Pd dan sejumlah Pejabat Eselon II, III dan IV Lingkup Pemprov Sulut.

Selain pemeriksaan keuangan, BPK RI saat ini juga mengembangkan Pemeriksaan Kinerja dan Pemeriksaan dengan tujuan tertentu yang Berperspektif Lingkungan. Pemeriksaan berperspektif lingkungan meliputi pemeriksaan atas manajemen kehutanan, pemberian izin penggunaan kawasan hutan untuk kegiatan non-kehutanan misalnya lahan kelapa sawit dan pertambangan serta pemeriksaan lahan yang berakibat tumpang tindih peruntukannya.

FOKUSMANADO.COM / Gubernur Sulut, Sinyo Harry Sarundajang saat Memberikan Cendramata kepada BPK – RI  

Semua itu dilakukan dengan tujuan untuk semakin meningkatkan upaya penyelamatan lingkungan bukan saja di Indonesia tetapi secara Global. Selain itu BPK RI pada tahun 2013 – 2016 akan menjadi Ketua Working Group On Environment Audit (WGEA), yaitu kelompok kerja yang beranggotakan BPK sedunia untuk meningkatkan pemeriksaan berperspektif lingkungan. Kepemimpinan Indonesia tentunya akan membawa konsekwesni terkait perlunya penataan dan pengelolaan lingkungan hidup Indonesia yang lebih baik.

Dalam sambutan Gubernur mengatakan, dalam dinamika pertumbuhan kawasan termasuk di Sulut yang sangat pesat, sangat penting untuk memberikan perhatian lebih terhadap aspek pembangunan berbasis lingkungan yang sifatnya berkelanjutan. Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara sangat concern terhadap hal pelestarian lingkungan ini.

Hal tersebut antara lain dibuktikan dengan diterimanya penghargaan dari Menteri Kehutanan RI atas keberhasilan melaksanakan Program Gerakan Menanam 1 milyar pohon tahu n 2012 ini. Pelaksanaan Pembangunan di Sulut tidak saja berorientasi pada Pro Growth (Pertumbuhan), Pro Poor (Mengatasi Kemiskinan) dan Pro Job (mengatasi Pengangguran) tetapi juga pada Pro Environment (Menjaga kelestarian Lingkungan Hidup).

“Oleh karena itu Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara sangat mendukung program BPK ini dan akan bersama dengan BPK mengimplementasikan program ini,”tandasnya.(Alex)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s