Ubah Cara Pandang Pembangunan Dari Darat ke Laut

FOKUSMANADO.COM / Pemko Manado saat melakukan Upacara 

FOKUSMANADO.COM, MANADO – Pemerintah kota (Pemko) Manado, saat memperingati Hari Nusantara, Kamis (13/12/12) pagi, bertempat di lapangan Sparta Tikala, .

Asisten I, Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Obrien Franky Mewengkang S.IP, dalam sambutan mengatakan, peringatan Hari Nusantara memiliki makna yang sangat penting. Bangsa Indonesia yang tersebar dalam ribuan pulau besar dan kecil semakin memperteguh keyakinan negara kesatuan yang tidak terpisahkan secara geografis.

“Ribuan pulau yang ada di Indonesia bukan sebagai pemisah, tetapi sebagai pemersatu kedaulatan bangsa Indonesia,”ujarnya.

FOKUSMANADO.COM / Pemko Manado saat melakukan Upacara 

Lanjut dikatakannya bahwa Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia yang wilayahnya merupakan perairan perlu mengubah cara pandang dari orientasi daratan ke orientasi lautan.

“Wahana dan sarana yang paling strategis dan untuk mengubah cara pandang orientasi tersebut adalah melalui pendidikan,”tuturnya.

Melalui sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mewengkang mengajak peserta upacara untuk menggelorakan peningkatkan SDM dan IPTEK bidang kelautan, sehingga bangsa Indonesia mampu mengoptimalkan perairan laut sebagai sumber daya alam yang berlimpah dan sebagai pemersatu bangsa dalam bidang ekonomi.

“Bentangan laut yang sangat luas, garis pantai yang sangat panjang, dan ribuan pulau yang tersebar di seluruh nusantara merupakan potensi ekonomi yang sangat besar, dan menunggu uluran tangan putra-putri bangsa,”tandasnya.(Nikson)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s