Usul Komisi VII DPR, Kontrak PT Inalum Jangan Di Perpanjang

FOKUSMANADO.COM / Ketua Komisi VII DPR RI, Efendi Simbolon Saat di wawancarai Wartawan  

FOKUSMANADO.COM, JAKARTAEffendi Simbolon ketua tim Panja Mineral dan Batubara komisi VII DPR RI mengungkapkan PT Inalum (Indonesia Asahan Aluminium) di Sumatera Utara, harus menjadi milik pemerintah Indonesia setelah berakhirnya kontrak perusahaan pada 2013 mendatang.

“100 persen PT Inalum harus dikelolah oleh pemerintah Indonesia, kontraknya dengan Jepang, jangan diperpanjang.” Ungkap Simbolon, Rabu (12/12/12).

Dijelaskannya,pemerintah Indonesia dapat melibatkan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) dan 10 (sepuluh) kabupaten/kota lainnya di Provinsi Sumatera Utara.peran Pemprov Sumut di PT Inalum sebagai satu asset yang sangat strategis di Kabupaten Batubara ini, penting untuk diberikan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) dalam bentuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), agar pemerintah daerah seperti kabupaten/kota dan provinsi mendapatkan kepemilikan saham atau royalti.

“prinsipnya BUMD harus mendapatkan langsung manfaat dari pengelolaan PT Inalum, tidak seperti selama ini yang dikelola 30 tahun tapi tidak ada keuntungan yang didapatkan Pemprov Sumut dan Pemda Kabupaten/Kota yang ada di Sumut,” jelasnya.

Dia menambahkan, jika nantinya masih ada utang-piutang dari pengambilalihan PT Inalum, silahkan diselesaikan secara niaga. “Tidak mutlak Pemerintah Indonesia harus melakukan ganti rugi baru kemudian bisa mendapatkan kepemilikan PT Inalum 100 persen,”tuturnya.

Ditempat yang sama, Direktur Umum dan SDM PT Inalum, Nasril Kamaruddin, mengatakan masalah pengambilalihan PT Inalum sedang dalam proses perundingan.

“Yaitu, dalam proses perundingan antara pemerintah Indonesia dengan perusahaan pemilik saham dari Jepang,”tukasnya.(Red)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s