Produk Pertanian Indonesia Dapat Perhatian Dunia

FOKUSMANADO.COM / Produk Pertanian Tropis  

FOKUSMANADO.COM, NASIONAL – Sulit dipungkiri, produk pertanian tropis telah lama menjadi salah satu komoditi unggulan Indonesia. Terlihat dari kontribusinya terhadap GDP Indonesia, yaitu sebesar 16%. Sektor ini juga mampu menyerap 45% lapangan kerja di tanah air.

Dubes RI untuk RRT merangkap Mongolia Imron Cotan menekankan hal tersebut pada ‘The International Exchange and Cooperation for Hainan Agriculture Products and Access to ASEAN Symposium’ di Hainan Selasa (12/12/12).

Forum yang terselenggara atas kerjasama antara Pemerintah Provinsi Hainan dan ASEAN-China Center itu dihadiri oleh sekitar 150 pengusaha sektor pertanian setempat.

Imrom menyatakan, industri pertanian saat ini mendapatkan perhatian yang besar dari komunitas bisnis dunia. Hal ini mengingat komoditas pertanian merupakan salah satu sektor yang paling cepat pulih dari dampak krisis finansial global tahun 2008 yang ditandai dengan meroketnya harga beberapa komoditas pertanian di pasar dunia.

Dituturkannya, sebagai negara agraris, Indonesia bertekad mengembangkan sektor pertanian antara lain melalui ‘orange revolution’ yang tidak hanya untuk menaikkan tingkat produksi, tetapi juga meningkatkan kualitas guna memenuhi standar internasional.

“Kerja keras Pemerintah terbukti dari naiknya posisi Indonesia sebagai penghasil minyak sawit terbesar di dunia, penghasil karet terbesar kedua di dunia, dan semakin beragamnya produk buah tropis Indonesia yang diekspor ke pasar internasional,” jelas Imron.

Dalam kesempatan ini, Imron juga menggarisbawahi mengenai pentingnya kerjasama sektor pertanian antara Indonesia dan RRT. RRT merupakan pasar utama beberapa produk pertanian Indonesia, termasuk buah tropis seperti salak dan manggis, yang diharapkan dapat lebih meningkat baik ragam maupun jumlahnya di masa yang akan datang.

“Peningkatan ekspor Indonesia ke Tiongkok akan sangat membantu pencapaian target volume perdagangan tahun 2015 sebesar US$ 80 milyar, seperti yang diharapkan kedua pemerintah,” ungkapnya.

Sebagai negara yang memiliki cadangan devisa sebanyak US$ 3.5 trilyun dan teknologi pertanian yang maju, Imron juga mengajak pengusaha sektor pertanian RRT untuk berinvestasi di Indonesia.

Kondisi dalam negeri yang kondusif, kinerja perekonomian yang impresif, dan kebijakan pemerintah di bawah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang pro-business merupakan faktor utama yang menjamin amannya investasi asing di Indonesia.

Pemberian status investment grade oleh beberapa lembaga pemeringkat internasional semakin menegaskan posisi Indonesia sebagai negara tujuan investasi yang menjanjikan dengan return of investment yang tinggi.

Imron tegaskan bahwa seluruh Perwakilan RI di RRT siap sedia untuk memfasilitasi rencana investasi pengusaha RRT di Indonesia.

‘The International Exchange and Cooperation for Hainan Agriculture Products and Access to ASEAN Symposium’ yang dibuka oleh Wakil Gubernur Hainan Cheng Zhirong ini dilaksanakan sebagai bagian dari ‘China International Tropical Agricultural Products Winter Trade Fair’.

Disamping Dubes RI, juga hadir Dubes dan perwakilan diplomatik negara-negara ASEAN untuk RRT dan Kedubes asing lainnya.(Red)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s