Menkokesra Resmikan Gerbang Kampung

FOKUSMANADO.COM / Menkokesra Agung Laksono saat meresmikan PGerbang Kampung  

FOKUSMANADO.COM, PEMPROV – Menteri Koordinator Bidang kesejahteraan rakyat (Menkokesra) RI, H.R. Agung Laksono meresmikan Pilot Project  Program  Nasional Gerakan Terpadu Pembangunan Kampung (Gerbang Kampung) di Sulawesi Utara. Lokasi Program yang dikunjungi Menko Kesra dalam kunjungannya ke Sulawesi Utara, Sabtu (15/12/12) siang, di Desa Ratatotok Utara Kecamatan Ratatotok, Kabupaten Minahasa Tenggara dan Desa Buyat 1 Kecamatan Buyat Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

Menteri yang didampingi Wakil Gubernur Suilawesi Utara Dr. Djouhari Kansil, M.Pd tiba di Bandara Sam Ratulangi Manado sekitar pukul 10.30 dan setelah beristirahat sejenak di VIP Room Pemprov Sulut di Bandara Sam Ratulangi, rombongan langsung bergerak menuju Desa Ratatotok 1 Minahasa Tenggara.

Program Gerakan Terpadu Pembangunan Kampung (Gerbang Kampung) adalah salah satu program nasional dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat terutama pedesaan yang sedang dipersiapkan oleh kementerian Kesejahteraan Rakyat RI.

Dalam sambutan ketika meresmikan Program tersebut di Desa Ratatotok Utara Kabupaten Mitra dan Desa Buyat 1 Kabupaten Boltim, Menkokesra Agung Laksono mengatakan, Program ini adalah prakarsa Kantor Kemenkokesra untuk mensinergikan program-program yang dibiayai melalui dana APBN yang dilakukan oleh kementerian atau lembaga terkait di bawah koordinasi Menko Kesra.

Menurut Menteri selama ini program masing-masing kementerian yang sasarannya Desa dilaksanakan oleh masing-masing kementerian dengan lokasi  yang ditetapkan masing-masing. Oleh karena itu hasilnya kurang terlihat secara komprehensif karena hanya menyentuh sektor sesuai tanggungjawab kementerian tersebut. Kantor Menko Kesra melakukan terobosan dengan memadukan program-program masing-masing kementerian tersebut dengan menentukan satu titik (desa) tertentu atau beberapa desa di kecamatan yang sama atau berdekatan agar hasilnya benar-benar dapat merubah wajah desa atau lokasi tersebut.

“Yang diresmikan saat ini dan juga di lokasi lainnya adalah Pilot Project yang nantinya akan dievaluasi hasilnya untuk kemudian dilakukan secara massiva”, ujarnya.

Menteri menambahkan bahwa keterlibatan dalaaam program ini tidaaak hanya terbatas pada Kementerian atau Lembaga pemerintah tetapi juga Non Pemerintah seperti Ikatan Istri Anggota Kabinet Indonesia Bersati II, Yayasan Pembangunan Berkelanjutan  Sulawesi Utara, PLN, PT ASKES dan BUMN lainnya melalui dana Community & Social Responsibility mereka.

Sementara itu, ketika memberikan sambutan, Wakil Gubernur Dr. Djouhari kansil, M.Pd menjelaskan tentang berbegai keberhasilan yang telah dicapai oleh Provinsi Sulawesi Utara selama ini. Hal ini antara lain ditandai dengan semakin mantapnya stabilitas makro ekonomi dan semakin aktifnya sektor riil/produktif dalam rangka pemberdayaan ekonomi lokal.

Secara khusus Wakil Gubernur meminta jajaran pemerintah Kabupaten, Kecamatan dan desa di Minahasa Tenggara dan Bolaang Mongondow Timur untuk menjaga dan memelihara sarana, prasarana dan hasil-hasil yang telah dan akan dibangun  melalui Program Gerbang Kampung ini agar benar-benar memberikan manfaat bagi masyarakat.

Sebelumnya Bupati Mitra melaporkan, Kabupaten Minahasa Tenggara telah 2 kali menjadi lokasi program ini dan total proyek dan kegiatan yang telah diterima berkisar 17 Milyar Rupiah dalam bentuk Sarana-dan Prasarana dan kegiatan yang dilakukan di desa untuk kepentingan masyarakat desa. Untuk Kabupaten Bolaang Mongondow Timur program dan kegiatan yang akan dilaksanakan melalui program ini secara total menyentuh angka kurang lebih 9 Milyar Rupiah.(Alex)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s