Bolmong Canangkan Gema Tani Padi Gogo Tahun 2012-2015

FOKUSMANADO.COM / Bupati Bolmong Hi Salihi Mokodongan saat resmikan pencanangan Gerakan Massal Tanam Intensif  

FOKUSMANADO.COM, BOLMONG – Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong), Hi Salihi Mokodongan secara resmi mencanangkan Gerakan Massal Tanam Intensif – GEMA TANI Padi Gogo pada lahan perkebunan dan lahan tidur lainnya Tahun 2012-2015. Agenda ini dirangkaikan dengan peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia -HMPI dan Bulan Menanam Nasional tahun 2012, Senin (17/12/12) di lahan perkebunan Desa Tandu Kecamatan Lolak.

Bupati dalam sambutan pemerintah menyampaikan, Program Gema Tani bertujuan untuk mendukung program nasional swasembada beras Indonesia tahun 2014. Program ini juga telah di canangkan Gubernur Sulut sebagai salah satu pangan pokok yang dibutuhkan masyarakat Sulut.

“Dengan hal tersebut, sehingga harus selalu tersedia tepat waktu. Olehnya, untuk menjamin ketersediaan beras ini maka dibutuhkan upaya berkelanjutan dalam meningkatkan produksi dengan mengoptimalkan pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam yang tersedia didaerah ini. Diantaranya dengan memanfaatkan lahan perkebunan di sela dan dibawah tanaman kelapa serta lahan tidur lainnya yang perlu dimanfaatkan secara optimal,”urainya.

Sementara dalam gerakan penanaman satu milyar pohon Bupati menuturkan, gerakan ini merupakan gerakan nasional dan upaya nyata seluruh komponen bangsa untuk menanam pohon paling sedikit satu milyar pohon dalam setahun.

“Dimana pemerintah Bolmong juga berkomitmen dan konsisten dalam melaksanakan upaya rehabilitasi hutan dan lahan serta konservasi lingkungan termasuk keanekaragaman hayati sesuai dengan tema hari menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional tahun 201 yakni “Hutan Kota Mendorong terwujudnya Indonesia Hijau,”tuturnya.

Usai menyampaikan sambutan, Bupati menyerahkan Bibit Padi Gogo secara simbolis kepada 8 kelompok tani padi gogo didampingi Ketua TP PKK Bolmong Ny R Mokodongan Dilapanga bersama Kajari Kotamobagu Fien Ering SH MH. Kemudian dilanjutkan dengan penanaman pohon serta benih padi gogo di lokasi yang telah disediakan panitia.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Drs Ashari Sugeha mengatakan, ada 8 kelompok tani memperoleh 600 kg bibit benih padi gogo. Dimana jumlah total bibit yang disiapkan mencapai 5 ton bibit.

“Ini merupakan salah satu langkah menghijaukan Bolmong, dengan hal itu juga dishutbun berharap masih ada kelompok tani yang datang untuk mendaftar sebagai penerima bibit padi gogo tersebut,”tukasnya.(Red)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s