DBD di Manado Terus Meningkat

FOKUSMANADO.COM / Wakil Wali Kota Manado Harley Mangindaan SE MSM, saat kunjungi pasien di RSUP Kandou Malalayang  

FOKUSMANADO.COM, MANADO – Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) menjadi salah satu penyakit yang mudah dan bisa mematikan seorang pasien bila terlambat diketahui dan diperiksakan ke dokter. Dari data kasus penderita penyakit DBD di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Kandou Malalayang, di dua bulan terakhir September ada 50 kasus dan Oktober 52 kasus. Sedangkan kasus di bulan Desember dari 90 pasien, 40 persen penderita DBD.

“Melihat data tersebut, terjadi peningkatan penderita DBD di Desember. Ini menandakan musim hujan sekarang sangat berpengaruh dengan banyaknya kasus DBD,” ujar dokter salah satu penanggung jawab di bagian DBD RSUP Kandou, ketika di kunjungi Wakil Wali Kota Manado Harley Mangindaan SE MSM, Selasa (18/1212).

Menurut Dokter di RSUP Kandou Malalayang, Mantik mengatakan, penyakit DBD memang harus diantisipasi sejak dini masyarakat. Karena, akan menjadi sangat berat pengobatannya kalau hanya dibiarkan kalau sudah positif. Masyarakt harus melihat gejalanya, seperti demam selama tiga hari dan panasnya tak mau turun, timbul bintik merah, tidak mau makan, dan minum susah.

“Saya menghimbau pada masyarakat, untuk tetap waspada dan membuang sampah pada tempatnya dan mengubur sampah bekas.Dan, kiranya kalau sudah mengetahuinya, langsung memeriksakan ke dokter terdekat,” ungkapnya.

Sementara itu, Mangindaan mengatakan, memang harusnya masyarakat terus menjaga kebersihan di Kota Manado. Sehingga bisa terhindar dengan penyakit DBD.

“Lingkungan yang kotor akan rawan terkena penyakit DBD. Ini sudah menjadi tanggung jawab bersama, sehingga msayarakat bebas penyakit DBD,”tuturnya.

Lanjutnya,  pasien-pasien anak yang terjangkit virus Demam Berdarah di RS Prof. Kandouw Malalayang, sudah banyak, untuk itu adanya kerjasama pemerintah, Rumah Sakit dan Masyarakat untuk mengantisipasi penyakit berbahaya ini.

 “Anak-anak sangat rentan terkena infeksi demam berdarah dengue karena daya tahan tubuhnya rendah. Untuk itu dengan adanya penyuluhan 3M plus yaitu menguras, menutup dan menimbun serta menggunakan obat nyamuk terpercaya maka kita dapat melakukan pencegahan dan penanganan yang tepat sehingga dapat menyelamatkan banyak jiwa.”tandasnya.(Nikson)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s