Kansil: Danau Tondano dan Moad Harus Dilindungi

FOKUSMANADO.COM / Wakil Gubernur Sulut Dr. Djouhari Kansil, MPd saat membuka rapat koordinasi tim pembina – pengendali RHL 

FOKUSMANADO.COM, PEMPROV – Danau tondano di Kabupaten Minahasa dan danau moad di kabupaten Boltim harus dilindungi dan di jaga pelestariannya. Alasannya karena kedua danau tersebut telah menjadi kehidupan tidak hanya bagi warga di sekeliling danau akan tetapi bagi masyarakat secara umum. Demikian dikatakan Wakil Gubernur Sulut Dr. Djouhari Kansil, MPd saat membuka rapat koordinasi tim pembina/pengendali Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) tingkat provinsi sulut di hotel gran central manado, Selasa (18/12/12) sore.

Kansil menyebutkan, khusus danau tondano hingga kini telah menjadi sarana pembangkit listrik tenaga air, serta menjadi air minum bagi warga Minut, Manado, bahkan warga Minahasa sendiri, yang kini danau tersebut mengalami kerusakan akibat merajalelahnya pertumbuhan eceng gondog.

“Menjalarnya tumbuhan eceng gondong, hingga hampir menutupi danau kebanggaan warga niyur melambai. Sementara danau moad telah dijadikan sarana wisata masyarakat. Karena itu melalui kegiatan ini, saya mengajak, agar danau tondano harus dilestarikan,”ujarnya. 

Lanjutnya, tahun depan Pemprov bersama jajaran TNI/Polri dan seluruh stakeholders yang ada akan melakukan pengangkatan eceng gondok secara besar-besaran, dan ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah untuk melsterikan danau tondano.

“Saya juga berharap, bukan hanya Danau di Sulut yang kita jaga, tapi harus menjaga juga kelestarian bunaken, karena bunaken saat ini memiliki tujuh muara sungai, apabila kita tidak menjaga maka akan terjadi kerusakan terumbuh karang yang ada, akibat dari sampah-sampah kiriman dari tujuh sungai tersebut,”tukasnya.

Sementara itu, Kadis Kehutanah Sulut Ir. Herry Rotinsulu, MSi menyebutkan kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari itu, diikuti Dandim Minahasa dan Dan Dim Bolmong. Para pejabat kehutan kab/kota dan pejabat kehutanan provinsi.

Sementara Pemberi materi adalah Direktur Bina RHL Kemenhut, Dan Rem 131 Santiago dan Kadis Kehutanan sendiri.

Perlu diketahui, Kemarin Menteri Kehutanan, Gubernur Sinyo Sarundajang dan Wagub sendiri secara simbolik telah melakukan penanaman bibit pohon di Unima,  untuk tiga ratus hektar. Hal itu tujuannya adalah untuk melestarikan danau tersebut, untuk menjaga dampak terjadinya  penurunan secara terus menerus daya serap air dan peningkatan limpasan air permukaan, ujar mantan Kadis Diknas Sulut.(Alex)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s