Kewenangan Gubernur Semakin Diperkuat

FOKUSMANADO.COM / Drs. Mecky M Onibala, M.Si saat bertanya kepada pemberi materi Rakernas  

FOKUSMANADO.COM, PEMPROV – Penguatan Peran Gubernur sebagai Wakil Pemerintah pusat  di Daerah, akan dilakukan Penambahan Wewenang untuk melaksanakan tugas-tugas pemerintah. 26 urusan wajin dan 8 urusan pilihan yang telah didesentralisasikan kepada daerah, kewenangannya harus diserahkan kepada Gubernur sebagai Wakil Pemerintah.

Gubernur juga harus diberikan wewenang lebih dalam mengambil kebijakan yang menyangkut kewenangan pemerintah pusat yang harus dilekasanakan di daerah. Selama ini ada hal-hal yang benar-benar penting dan mendesak yang menyangkut kepentingan langsung masyarakat di daerah yang seharusnya diambil keputusan secara cepat menjadi terhambat karena harus melalui prosedur konsultasi dan pertsetujuan pusat seperti penggunaan dana darurat bencana.

Melalui penguatan peran dan wewenang Gubernur dalam kaitannya dengan pelaksanaan otonomi daerah dan mekanisme pengelolaan pemerintahan  antara Provinsi dan Kabupaten/Kota tidak lagi menjadi hambatan dalam pelaksanaan pembangunan dan penguatan daya saing daerah terutama menghadapi pelaksanaan ASEAN Community 2015.

Rekomendasi -rekomendasi ini akan dibawa dalam Forum Rakernas APPSI (Asosiasi Pemerintahan Provinsi Seluruh Indonesia) yang rencananya akan dilaksanakan di Tanah Toraja, 27 – 29 Desember 2012. Oleh karena itu Tema Rakernas APPSI tersebut adalah Penguatan Peran Gubernur Dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing Daerah Menghadapi ASEAN Community 2015.

Pokok-pokok yang menjadi usulan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara tersebut menjadi topik pembahasan utama dalam Rapat Kerja Asosiasi Pemerintahan Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Dalam Rangka Sosialisasi Materi dan Persiapan Rakernas APPSI tahun 2012 yang dilaksanakan di Jambi, 17 – 19 Desember 2012.

Delegasi Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yang dipimpin Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekdaprov Sulut  Drs. Mecky M Onibala, M.Si bersama Staf Ahli Bidang Pemerintahan Drs, J. Palandung, Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Setdaprov Sulut Dr. Noudy Tendean, SIP, M.Si dan Kepala Bagian Humas Biro Pemerintahan dan Humas Setdaprov Sulut Ch. Sumampow, SH, M.Ed. Pada kesempatan raker ini, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekdaprov Sulut menyampaikan, sebenarnya Sulawesi  Utara telah sangat siap untuk menjadi tuan rumah rakernas dan mempertanyakan keputusan pemindahan lokasi pelaksanaan ke Tana Toraja dan meminta forum untuk mengagendakan salah satu kegiatan APPSI di tahun 2013 untuk dilaksanakan di Sulawesi Utara.

Pembahasan materi Rakernas yang dipandu oleh Dewan Pakar APPSI Prof. Dr. Ryaas Rasyid, MA dan Prof Dr.  Bachtiar Effendi , Selasa (18/12/12) siang, yang berlangsung sangat dinamis dan Delegasi Sulawesi Utara melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekdaprov Sulut sangat berperan menyampaikan pokok-pokok pikiran yang kemudian diakomodir untuk menjadi bahan untuk Keputusan Rakernas di Tana Toraja nanti.(Alex)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s