Inilah Solusi Atasi Kemacetan Wali Kota Manado

FOKUSMANADO.COM / Wali Kota Manado, Dr. Ir. GS Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA saat memberikan materi Solusi Kemacetan di Kota Manado 

FOKUSMANADO.COM, MANADO – Wali Kota Manado, Dr. Ir. GS. Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA di Hotel Manado Quality, Rabu (19/12/12) siang, memberikan materi dalam diskusi akhir tahun yang bertajuk ‘Dialog Bisnis’.

Lumentut dalam materinya menyampaikan sejumlah program yang sudah dicapai dan akan dilaksanakan pada tahun 2013. Salah satunya adalah tentang masalah kemacetan.

“Kemacetan bukan hanya masalah kota Manado, tapi juga terjadi di daerah lain,” ujarnya.

Menurutnya, solusi untuk mengurai kemacetan adalah merevitalisasi DAS Tondano mulai dari jembatan Megawati sampai jembatan Kairagi, yang akan dimulai pada tahun 2013. Upaya lainnya untuk mengatasi kemacetan lalu lintas adalah memindahkan terminal Paal Dua dan Karombasan ke terminal tipe A di Liwas.

“Tahun 2012 pematangan tanah, tahun 2013 konstruksi/pembangunan dan pada tahun 2014 terminal di Liwas akan digunakan,”tegasnya.

Program lain untuk mengatasi kemacetan lanjutnya, beberapa ruas jalan dari Jalan Samrat menuju Jalan Pierre Tendean atau Boulevard akan diperlebar. Agenda lainnya yang akan dilaksanakan pada tahun 2013 adalah pembangunan Museum Bahari di lahan 16 % berbentuk ikan Coelacanth, pemberian asuransi kesehatan untuk seluruh masyarakat kota Manado, revitalisasi pasar Bersehati, dan sejumlah investasi dari pihak swasta seperti pembangunan hotel dan rencana rute penerbangan Manado-Taipe yang akan dilayani pesawat Batik Air. Hal lainnya yang diharapkan oleh Walikota agar masyarakat termasuk media dapat menghadirkan berita-berita yang tidak kontraproduktif dengan semangat Torang Samua Basudara.

“Tugas pemerintah kota Manado dan seluruh jajaran pada Tahun 2013 memastikan bahwa Manado aman dan nyaman bagi investasi. Tahun 2013, pemerintah kota Manado akan mencanangkan program Brenti Jo Melanggar Aturan,”urainya.

Disampaikannya pula, pertumbuhan ekonomi kota Manado bisa mencapai lebih dari 10 % lebih jika pelayanan kepada masyarakat maksimal, seperti tidak menghambat pemberian izin dan tidak melakukan pungutan-pungutan yang melanggar aturan.(Red)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s