KPU Minahasa Tetapkan JWS – IVANSA Pemenang Pilkada

FOKUSMANADO.COM / Calon Bupati dan Wakil Bupati Minahasa, JWS -IvanSa  

FOKUSMANADO.COM, MINAHASA – Pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow-Ivan Sarundajang (JWS-IVANSA) resmi ditetapkan oleh Komisi Pelilihan Umum (KPU) Minahasa sebagai peraih suara terbanyak sekaligus pemenang Pemilukada. Kepastian kemenangan pasangan yang diusung PDI Perjuangan ini berdasarkan hasil pleno KPU Minahasa, Senin (17/12/12) malam, yang ditutup sekitar pukul 19.30 malam.

Hasil akhir rekapitulasi suara dalam pleno KPU Minahasa, Calon terpilih bupati-wakil bupati periode 2013 -2018 JWS-IVANSA No. 4 meraih sebanyak 78.521 suara atau 36.9 persen. Posisi kedua ditempati pasangan yang diusung koalisi Golkar-Demokrat, Carey N Runtu – Denny J Tombeng (CNR-DJT) No. 3 yang meraih 75.326 suara, atau sekitar 35.4 persen. JWS-IVANSA unggul dari CNR-DJT dengan selisih 3.195 suara.

Hasil resmi perolehan suara tersebut sekaligus memastikan pemilukada Minahasa hanya satu putaran karena suara terbanyak yang didulang oleh duet JWS-IVANSA telah melampaui ketentuan aturan di atas 30 persen suara dari total pemilih. Banyak kalangan secara spontan menyebut angka 4 sebagai nomor urut pasangan calon di Minahasa merupakan angka yang unik karena pada ajang pemilukada Minahasa 2007 lalu, dimenangkan juga dari pasangan nomor urut 4 yakni SVR-JWS.

Secara terpisah, usai mendapatkan kepastian resmi dari pleno KPU, Salah satu Tim Sukses pasangan JWS-IVANSA, Darma Patria Palar memberikan apresiasi kepada pihak KPU Minahasa yang telah bekerja secara professional. Palar juga atas nama JWS-IVANSA mengungkapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada segenap rakyat Minahasa yang telah mendukung, memilih JWS-IVANSA dan menyukseskan tahapan pesta demokrasi.

“Kemenangan JWS-IVANSA adalah kemenangan semua masyarakat kabupaten Minahasa demi perubahan, perubahan dan perubahan,”tandasnya.(Red)

Diketahui, hasil akhir rekap KPU Minahasa, untuk total suara sah 212,473 atau sebesar 80,40% dari total pemilih 264.263 pemilih. Sementara perolehan suara masih-masing calon sebagai berikut:

Pasangan Nomor urut 1 AFN-JJM : 817 suara (0,3 %)

Pasangan nomor urut 2 HAG-RJM : 55.223 suara (25,9 %)

Pasangan nomor urut 3 CNR-DJT : 75.326 suara (35,4 %)

Pasangan Nomor urut 4 JWS-Ivansa :78.521 suara (36,9 %)

Pasangan Nomor urut 5 KAMANG : 2581 suara (1,2 %)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s