Tunjangan Sertifikasi Guru Minsel, Digantung 2 Bulan

FOKUSMANADO.COM / Kantor Bupati Minahasa Selatan  

FOKUSMANADO.COM, MINSEL – Pembayaran tunjangan sertifikasi guru di Minsel ternyata masih gantung 2 bulan. Dimana untuk pembayaran triwulan keempat yang direncanakan akan disalurkan pekan ini, belum disertai dengan selisih atau sisa 2 bulan pada triwulan pertama dan triwulan ketiga, atau para guru sertifikasi baru akan memperoleh tunjangan 3 bulan khusus di triwulan empat. Demikian dikatakan Kepala Dinas Keuangan Minsel, Denny Kaawoan, Rabu (19/12/12) sore.

“Pada prinsipnya penyaluran tunjangan seperti ini tidak ada kebijakan atau lain-lain untuk penggunaan dana yang dikucurkan dari pusat. Dalam hal ini, menyalurkan tunjangan itu berdasar usulan pihak Dikpora dan berpatokan dengan pagu anggaran dari pusat. Untuk triwulan keempat ini dana yang diterima masih sama dengan sebelumnya, sehingga masih ada selisih yang belum terbayarkan,”jelasnya.

Hal tersebut diperjelas oleh Kabid Anggaran Evert Kawalo. Menurutnya, sisa 2 bulan masing-masing satu bulan di triwulan pertama, dan satu bulan di triwulan tiga, nantinya akan menunggu hasil rekon ulang yang akan disampaikan ke pemerintah pusat dalam hal ini kementerian keuangan dan kementerian dalam negeri.

“Dimana bagi kabupaten/kota yang kelebihan pagu-nya, sisanya akan masuk ke kas Negara, sementara yang masih kurang seperti halnya Minsel, akan ditambah setelah data terakhir pembayaran dikirimkan setiap daerah ke pusat. Hal ini juga sesuai PMK 34 tahun 2012 yang isinya menyangkut kemampuan pembayaran, yang sisanya dibayarkan sesudah rekon,”tegasnya.

Sementara itu Kadis Dikpora Minsel, Jan Rattu ketika dikonfirmasi mengungkapkan, pengusulan pembayaran triwulan keempat ini telah ditandatanganinya telah dimasukkan ke dinas keuangan pekan lalu, dan selanjutnya diproses untuk pembayaran yang diperkirakan pada pekan ini melalui rekening bank Sulut setiap guru penerima.

“Yang pasti semuanya berjalan dengan baik, walaupun adanya 2 bulan yang belum terbayar. Perlu diingat, yang belum terbayar bukan disengajakan,”tandasnya.(Red)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s