Tomohon Berkembang, Lahan Pertanian Berkurang

FOKUSMANADO.COM / Lahan Pertanian Kota Tomohon 

FOKUSMANADO.COM, TOMOHON – Tomohon yang merupakan kota yang baru berkembang, dan masih mengandalkan sektor pertanian untuk meningkatkan perekonomian. Namun, sejalan dengan perkembangan tersebut,dan  investasi dalam perumahan pun semakin bertambah. Dengan hal itu, maka sangat mempengaruhi luas lahan pertanian di kota Tomohon semakin berkurang. Demikian dikatakan, Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan (Dispertanak) Kota Tomohon, Jemmy Matindas, Sabtu (22/12/12) sore.

 “Jika bertambahnya perumahan, maka luas areal pertanian akan berkurang. Ada beberapa faktor yang menyebabkan sampai luas pertanian berkurang. Faktor itu yakni bertambahnya jumlah penduduk, berkembangnya pusat bisnis serta terakhir adalah perumahan,”ujarnya.

Lanjutnya,namanya kota berkembang, berkurangnya lahan pertanian tidak bisa dibendung. Pihaknya pun merasa sulit untuk memprediksi luas lahan pertanian yang mulai berkurang akibat dampak dari 3 faktor tersebut.

“Meskipun demikian, saya berharap agar sektor pertanian ini akan terus berkembang. Untuk itu, masyarakat diajak untuk mengolah lahan tidur terutama lahan yang ada di rumah maupun di kebun,”tukasnya.(Ray)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s