Tuuk: BUMDes Siap Dibentuk di Seluruh Kecamatan

FOKUSMANADO.COM / Wakil Bupati Bolmong Yanny R Tuuk STh 

FOKUSMANADO.COM, BOLMONG – Lembaga Badan Usaha Milik Desa BUMDes di wilayah perdesaan Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) diharapkan akan menjadi salah satu pelopor pengentasan kemiskinan di perdesaan demi mewujudkan peningkatan kesejahteraan rakyat.  Demikian dikatakan Wakil Bupati Bolaang Mongondow, Yanny R Tuuk STh, Minggu (23/12/12) siang.

“Kepada seluruh camat agar segera memfasilitasi pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), di wilayah masing – masing. Camat selaku pimpinan wilayah dapat segera turun ke desa – desa untuk memfasilitasi pembentukan BUMDes,”tegas Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kabupaten Bolmong itu.

Lanjutnya, Camat juga harus melakukan koordinasi dengan Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kabupaten Bolmong, sebagai lembaga teknis yang bertanggungjawab atas pemberdayaan masyarakat.

Sementara itu, Kepala BPMD Kabupaten Bolaang Mongondow, Mangkat Wahid membeberkan, saat ini telah terbentuk BUMDes pada dua desa di Kabupaten Bolaang Mongondow, yakni di desa Sauk Kecamatan Lolak dan desa Komangaan Kecamatan Bolaang. Bahkan, kedua desa ini telah memperoleh dana penyertaan modal yang diberikan oleh pemerintah pusat melalui dana dekonsentrasi Ditjen Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kementerian Dalam Negeri.

“Saya berharapa, tahun anggaran 2013 mendatang desa di Kabupaten Bolaang Mongondow yang memiliki BUMDes, akan bertambah.  Untuk itu, pemerintah kabupaten diharapkan untuk dapat mengalokasikan anggaran dalam fasilitasi pembentukan lembaga itu,”tandasnya.(Red)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s