Pelayanan Kesehatan Gratis Terus di Seriusi Pemko Manado

FOKUSMANADO.COM / Wali Kota Manado, Dr. Ir. GS. Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA saat memberikan saran 

FOKUSMANADO.COM, MANADO – Wali Kota Manado, DR. Ir. GS. Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA, Jumat (28/12/12) sore melakukan pertemuan koordinasi dengan PT. Askes (Persero) cabang Manado di hotel Sedona Tateli dalam rangka Universal Coverage atau Pelayanan Kesehatan Gratis bagi seluruh masyarakat Kota Manado pada tahun 2013, yang berjumlah 500.000 jiwa lebih.

Lumentut mengatakan kepada peserta rapat yang terdiri dari PT. Askes, Dinas Kesehatan Kota Manado dan Dinas Kesehatan Provinsi bahwa masyarakat Manado harus dilindungi kesehatannya.

“Puskesmas jangan hanya menjadi tempat transit untuk mendapatkan rujukan. Puskesmas harus memberikan pelayanan selama 24 jam,”ujarnya.

Lanjutnya, Askes merupakan bagian paling depan mengawal Universal Coverage atau pelayanan kesehatan gratis menuju Manado sehat. Program Universal Coverage tidak melakukan pelayanan terhadap sejumlah gangguan kesehatan.

“Antara lain: alat bantu dengar, alat bantu gerak, upaya untuk mendapatkan anak, operasi untuk maksud kosmetik, sirkumsisi (sunat) di luar indikasi medis, pelayanan kesehatan di luar indikasi medis, pengobatan alternatif komplementer, dan obat di luar formularium Askes,”jelasnya.

Ia juga mengharapkan agar berbagai penghargaan yang telah diterima kota Manado seperti Adipura, Swasti Saba Wiwerda, dan Langit Biru berbanding lurus dengan kesehatan masyarakat.(Nikson)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s