Gubernur Harus Membuat Peta Konflik

FOKUSMANADO.COM / Foto Bersama Usai Rakernas Gubernur di Sulsel 

FOKUSMANADO.COM, SULSEL – Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs. Mecky M Onibala, MSi menyebutkan, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fausi yang diwakili Dirjen PUM DR. Imade Suwandi saat membuka Rakernas Asosiasi Pemerintahan Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Hotel Misliana Toraja Sulawesi Selatan (Sulsel), Kamis (27/12/12) malam.

Onibala  menegaskan, peran Gubernur sebagai penanggungjawab pemerintahan provinsi dalam rangka menangani konflik komunal dan kekerasan horizontal yang terjadi di daerah, perlu dibuat peta konflik dimasing-masing provinsi.

“Hal itu dimaksudkan untuk mempermuda gubernur dalam mencegah beragam konflik yang terjadi di beberapa daerah. Mendagri menilai beragam konflik yang terjadi di beberapa daerah terakir ini, perlu penanganan secara terkoordinasi dan komprehensif bersama-sama unsur forkompimda di lapangan, guna menjamin terciptanya stabilitas keamanan ditangah-tengah masyarakat,” ujar Onibala, Sabtu (29/12/12) sore.

Lanjutnya, selain itu Mendagri juga minta, para gubernur segera membuat peta potensi daerah. Karena lima tahun kedepan Indonesia sudah harus punya peta potensi daerah itu untuk pengembangan daya saing bangsa  dalam rangka menghadapi ASEAN Economic Cuminity Tahun 2015, termasuk penetapan APBD kabupaten/kota tepat waktu, kiranya  gubernur terus membantunya kepada bupati/walikota. Karena sampai dengan akhir tahun ini ternyata masih banyak kabupaten/kota yang belum menetapkan APBDnya.

“Rakernas ini merupakan tindaklanjut dari hasil pra rakernas Jambi baru –baru ini untuk semakin memperkuat peran gubernur,”tandasnya.

Sementara itu, Karo Pemerintahan dan humas DR. Noudy Tendean SIP MSi yang ikut bersama Onibala dalam Rakernas APPSI di toraja, menyatakan, terkait dengan penanganan konflik komunal dan kekerasan horizontal yang terjadi di beberapa daerah, sehingga para gubernur harus membuat peta konflik, hal itu merupakan arahan dari Presiden SBY kepada gubernur se- Indonesia belum lamai ini.

“Jadi itu sudah menjadi harapan dari Presiden agar Gubernur segera membuat peta konflik, termasuk dengan pembuatan peta ekonomi,”tutur mantan Direktur IPDN Regional Sulut itu.

Tendean mengatakan Rakernas APPSI yang berlangsung dua hari diikuti para Gubernur, Asisten  Pemerintahan dan Kesra, serta Karo Pemerintahan seluruh Indonesia.

Sebelumnya, Ketua APSSI Syahrul Yasin Limpo yang juga Gubernur Sulsel, berharap rakernas ini kiranya akan melahirkan rekomendasi penting terkait dengan peran gubernur yang nantinya akan diserahkan kepada Presiden SBY.(Alex)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s