Sitaro Miliki RKT Tenaga Surya

FOKUSMANADO.COM / RKT Sitaro 

FOKUSMANADO.COM, SITARO – Untuk memperlancar aksesibilitas informasi dan komunikasi masyarakat, Pemerintah melalui Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal  telah mengalokasikan bantuan social fasilitas Informasi Telekomunikasi  berupa Radio Komunikasi Terpadu (RKT) Panel Tenaga Surya yang ditempatkan di Pulau Makalehi.

RKT Panel Tenaga Surya yang akan dikelola oleh Organisasi Masyarakat Setempat (OMS) ini Diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi bagi masyarakat dalam berbagai  aktifitas (seperti Kelengkapan untuk komunikasi  bagi nelayan tradisional saat melaut dan lain – lain.

Selain itu RKT Panel Tenaga Surya ini dalam pembinaan pengembangannya oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sitaro juga akan diarahkan untuk menjadi sarana komunikasi penyiaran informasi bagi masyarakat setempat berupa Radio Penyiaran Komunitas.

Sebagaimana penjelasan dari  Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika  Philips Kendarto, SE, Bantuan RKT Panel Tenaga Surya yang diperkirakan bernilai 2,5 Milyar oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro dipandang masih dibutuhkan untuk ditempatkan di beberapa wilayah yang terisolir dari akses informasi dan komunikasi antara lain ditempatkan di Pulau Tagulandang dan Pulau Biaro.

“Dengan adanya RKT Saya harap nantinya dapat memperluas jangkauan layanan informasi dan komunikasi bagi masyarakat nelayan tradisional dalam beraktifitas melaut dan kelompok masyarakat lainnya dalam beraktifitas sehari-hari di sekitar wilayah Siau Tagulandang  Biaro,”pungkasnya.(Red)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s