Aktualisasi Adat Budaya Daerah Mutlak

Foto FOKUSMANADO.COM / Bupati Bolmong, Hi. Salihi Mokodongan dan Wakil Bupati, Yanny  R Tuuk, STh 

FOKUSMANADONEWS.BLOGSPOT.COM, BOLMONG – Potensi adat dan budaya suatu daerah wajib dikembangkan dan dilestarikan sebagai warisan leluhur sehingga dapat menjadi kebanggaan, karena Bolaang Mongondow (Bolmong) memiliki nilai adat budaya yang kuat dan daya tarik tersendiri bagi promosi dunia pariwisata di daerah ini. Demikian dikatakan, Bupati Bolmong, Hi Salihi Mokodongan saat membuka sosialisasi aktualisasi adat budaya daerah yang di gelar Selasa, (18/12/12) siang di ruang rapat Kantor Bupati Bolmong.

Kegiatan yang diikuti sejumlah pelaku dan pemerhati adat Bolmong ini menitik beratkan pada rumusan program pengembangan dan pelestarian adat daerah yang semakin tergerus akibat arus global yang semakin kuat.

Salihi dalam sambutan pemerintah menyampaikan, sesuai visi dan misi pemerintah Bolmong saat ini, nilai budaya merupakan salah satu tujuan utama yang perlu dilestarikan dan dipertahankan sebagai media kebersamaan atas keragaman etnis suku dan budaya yang ada di Bolaang Mongondow.

“Untuk itu Saya menekankan, dalam konteks ini, perlu dilaksanakan revitalisasi dan reaktualisasi nilai nilai adat dan budaya leluhur melalui kajian, seminar dan sosialisasi untuk meningkatkan hubungan antar budaya, pengembangan industry budaya terhadap promosi daerah dapat di tingkatkan,”ujarnya.

Lanjutnya, itu juga bukan hanay di kalangan pemerintah, karena pada upaya konkrit bagi pengembangan minat masyarakat terhadap kebudayaan Bolaang Mongondow melalui pengembangan perpustakaan dan sanggar sanggar budaya secara berjenjang mulai dari desa hingga kecamatan. Termasuk menciptakan regulasi yang dapat dijadikan sebagai payung hukum bagi pelestarian adat dan budaya itu sendiriperlu adanya kerjasama semua elemen.

“Saya berharap melalui sosialisasi ini dapat dilahirkan rumusan program dan kegiatan yang spesifik serta aktual bagi implementasi adat budaya kedepan sehingga berdampak pada upaya pelestarian nilai adat dan budaya di daerah ini” tukasnya.

Sosialisasi yang digelar Dinas Pariwisata Bolmong ini turut dihadiri Ketua Aliansi Masyarakat Adat Bolaang Mongondow –AMABOM yang juga selaku pembicara, bersama jajaran pengurus AMABOM, serta peserta dari seluruh kecamatan di Kabupaten Bolmong dan undangan lainnya yang sempat hadir(*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s