Maurits: Koperasi Akan Difokuskan Menangani 1 Bidang

FOKUSMANADO.COM / Drs. Maurit Berhandus, SH, MSi 

FOKUSMANADO.COM, MANADO – Dinas Koperasi dan UKM Sulawesi Utara (Sulut) menyatakan, pihaknya telah mendata jumlah koperasi yang ada di Sulut, ternyata nyaris dari 50 persen dari 5.917 koperasi tersebut tidak aktif.

Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Syarief Hasan pun mengakui, koperasi di Indonesia tidak semuanya aktif.

“Di Indonesia, ada sekira 20-25 persen koperasi yang tidak aktif,”ujarnya belum lama ini.

Lanjutnya, berdasarkan data koperasi yang tidak aktif di Sulut dapat dinilai, program Gerakan Masyarakat Sadar Koperasi (Gemaskop) dengan memperluas cakupan wilayah, cara, dan pendekatan di Sulut belum berjalan sebagaimana yang ditargetkan.

“Jika UU nomor 17 tahun 2012 tentang Perkoperasian di tahun 2013 siap diberlakukan maka bukan tak mungkin 3.424 koperasi yang aktif bakal mengikuti rekan-rekannya untuk tidak aktif,”ungkapnya.

Sementara itu, penyampaian Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulut, Drs Maurits Berhandus SH MSi Rabu (02/01/01).

“Kami di tahun 2013 akan mendorong semua koperasi yang ada di Sulut untuk menyesuaikan dengan undang-undang yang baru yaitu UU Nomor 17 tahun 2012, karena itu merupakan program prioritas kami di tahun 2013 nanti,”tegasnya.

Lanjutnya, koperasi akan difokuskan untuk menangani 1 bidang saja.

“Nantinya sudah tidak ada koperasi serba usaha, kami akan fokuskan kepada koperasi simpan pinjam, atau istilahnya hanya terfokus pada satu bidang saja,”tegasnya seraya menambahkan, akan ada peleburan koperasi ditahun 2013 untuk menunjang program prioritas Diskop dan UKM Sulut.(Alex)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s