Sarundajang: Kenaikan UMP di Sulut Relatif

FOKUSMANADO.COM / Gubernur Sulut, Sinyo Harry Sarundajang 

FOKUSMANADO.COM, PEMPROV – Dalam organisasi baik bisnis maupun publik terdapat komponen yang tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya, yang dikenal dengan istilah 6M (Man, Money, Methode, Material, Mechine dan Market). Dari ke enam unsur tersebut semuanya sangat dibutuhkan dalam organisasi. Salah satu unsur terpenting dalam organisasi sumber daya manusia (Man) atau yang lebih dikenal karyawan/pegawai/buruh. Demikian dikatakan, Gubernur Sulawesi Utara, DR Sinyo H Sarundajang, Rabu (02/01/13) sore.

“Karyawan adalah aset organisasi, tanpa adanya karyawan yang memiliki etos kerja yang baik, organisasi pasti tidak akan maju, atau tidak akan mencapai tujuan yang ditetapkan oleh organisasi. Sebaliknya tidak ada organisasi yang merugi jika memperlakukan karyawan dengan baik dan menghargai prestasi mereka.
Untuk itu saya menimbang penetapan Upah Minimun Provinsi (UMP) 2013 sebesar Rp 1.550.000 di Tahun 2013 ini,”ujarnya.

Lanjutnya, penetapan UMP ini semakin menjadikan Sulawesi Utara teratas di Pulau Sulawesi, dari salah satu hasil studi menyatakan bahwa untuk setiap 10% kenaikan tingkat upah minimum riil terdapat lebih dari satu persen pengurangan penyerapan tenaga kerja.

“Dampak negatif dari upah minimum sangat dirasakan oleh kelompok yang mempunyai kerentanan tinggi terhadap perubahan dalam kondisi pasar tenaga kerja, seperti pekerja perempuan, pekerja muda usia, dan pekerja berpendidikan rendah, penetapan UMP 2013 di atas 6 propinsi lain di Pulau Sulawesi akan berdampak pada persaingan tenaga kerja lokal dengan tenaga kerja dari luar daerah, jika etos kerja dari SDM Sulut benar-benar telah unggul dan profesional,”jelasnya seraya menambahkan, jika sebaliknya terjadi maka diskredit SDM lokal pun bakal terjadi di tahun 2013, karena di Tahun 2012 dengan UMP sebesar Rp 1.250.000 belum banyak membuat perubahan secara besar pada angka pengangguran.

“Dengan UMP di Tahun 2013 sebesar Rp 1.550.000, nanti kita lihat bagaimana para pekerja lokal berusaha  membuahkan hasil agar tidak di ambil alih oleh pekerja luar. Karena itu hukum pasar, jadi harus berusaha menjadikan Sulut yang terbaik, dan Pemeritah akan selalu membantu sedemikian rupa untuk mengurangi tenaga dari luar daerah,”pungkasnya.(Alex)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s