Menjadikan Sulut Sebagai Pusat Pertumbuhan Ekonomi

FOKUSMANADO.COM / Wakil Gubernur Sulut dan Wakil Wali Kota bersama Pejabat Petinggi Sulut lainnya 

FOKUSMANADO.COM, MANADO – Dalam rangka menjadikan Sulawesi Utara Sebagai Pertumbuhan Ekonomi Kawasan timur Indonesia, Perwakilan Bank Indonesia Prov.Sulut bekerjasama dengan Pengurus ISEI cabang Manado Sulawesi Utara menyelenggarakan seminar nasional bertajuk “Menjadikan Sulawesi Utara Sebagai Pusat Pertumbuhan Ekonomi Kawasan Timur Indonesia”. Serta dirangkaikan dengan pelantikan pengurus ISEI cabang Manado – Sulut.

Kegiatan yang di gelar di aula kantor perwakilan bank Indonesia Prov.Sulut, Selasa (08/01/13) siang, dipimpin langsung oleh wakil Gubernur Sulut Dr. Djouhari Kansil, M.Pd, dihadiri unsur stakeholders terkait seperti kalangan perbankan, akademisi, pelaku usaha, mahasiswa dan instansi pemerintah.

Kansil Mengatakan, seminar nasional ini dipandang memiliki nilai yang sangat penting dan strategis dalam kerangka pembangunan ekonomi daerah kedepan.serta merespons positif sekaligus memberikan apresiasi yang tinggi kepada pimpinan perwakilan BI prov.sulut yang telah bekerjasama dengan Pengurus ISEI cabang Manado-Sulawesi Utara sehingga bisa terlaksananya kegiatan ini.

Kansil menyebutkan, sebagai bagian dari rangkaian menjadikan Sulut sebagai pusat pertumbuhan ekonomi kawasan timur Indonesia maka sasaran pembangunan utama yaitu mewujudkan sulut swasembada beras dan menuju surplus beras nasional tahun 2014. Peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM), pencapaian target millennium development goal’s (MDG’S), pembangunan infrastruktur dasar, meningkatkan pertumbuhan ekonomi 7,5-8% dan penurunan angka pengangguran 8,3% serta tingkat kemiskinan 8,15%.

“Untuk itu, saya mengharapkan pembangunan harus diimplementasikan terkoordinasi, terintegrasi, terpola, dan berkesinambungan melalui dukungan semua pihak, baik pemerintah swasta dan dunia usaha, perbankan, termasuk segenap komponen ISEI cabang Manado-Sulut yang baru saja dilantik,”tegasnya.

  Sebelumnya kepala perwakilan BI Prov. Sulut, Suhaedi telah memaparkan indeks pertumbuhan ekonomi sulut dan mengharapkan perlu adanya upaya bersama yang sungguh-sungguh dan kerja keras dalam menghadapi tantangan perekonomian saat ini serta peningkatan akses pendidikan, keuangan dan kesehatan.(Alex)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s