Bus Transjakarta Dilirik Jadi Amari

FOKUSMANADO.COM / Bus Trasjakarta 

FOKUSMANADO.COM, JAKARTA – Upaya memperbaiki sistem transportasi massal sekaligus mewujudkan angkutan umum yang aman dan nyaman terus dilakukan Pemprov DKI Jakarta. Dalam waktu dekat misalnya, sebanyak 90 bus Transjakarta lama yang beroperasi di koridor I akan dijadikan angkutan malam hari (amari).

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Udar Pristono mengatakan, ke-90 unit bus Transjakarta yang lama itu akan ditarik dan akan direhab terlebih dahulu sebelum dioperasikan sebagai amari. Terlebih, kata Pristono, kebutuhan akan angkutan malam hari sangat mendesak bagi warga kota metropolitan seperti Jakarta. “Amari itu suatu kebutuhan. masyarakat kehilangan alat transportnya pada malam hari hingga akhirnya masuklah omprengan yang tidak terkendali dan tidak terkontrol,” ujar Pristono usai mendampingi Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo di gedung Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Rabu (9/1).

Nantinya, kata Pristono, bekas bus Transjakarta yang akan melayani amari akan beroperasi mulai pukul 23.00-05.00. Dengan begitu, kata Pristono, Jakarta akan terlayani selama 24 jam penuh. “Selama ini kan juga banyak masyarakat yang mengeluh tidak adanya angkutan malam hari. Makanya, nanti kita operasikan bekas bus Transjakarta di koridor I yang akan dijalankan sebagai amari. Tapi tentunya kita perbaiki lebih dulu,” kata Pristono.

Sementara itu, tambah Pristono, pada tanggal 15 Januari nanti, pihaknya juga akan menjalankan koridor 12 dengan rute Pluit-Tanjungpriok. “Ya, 15 Januari nanti akan diluncurkan koridor baru bus Transjakarta. Lalu, bus Transjakarta yang sudah rusak akan diganti dengan yang baru. Untuk koridor 12 akan dilayani 40 unit bus Transjakarta,” tandasnya.(JGI)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s