Pemko Bitung Bahas Jalan Tol Manado – Bitung Bersama PU Pusat

FOKUSMANADO.COM / Hanny Sondakh bersama Tim PU Pusat 

FOKUSMANADO.COM, BITUNG – Tim dari Kementrian Pekerjaan Umum (PU) Republik Indonesia yang terdiri dari Staf Khusus Menteri Pekerjaan Umum Ir. Lucky Korah, Pejabat Bina Marga Kementerian PU Rill Mantik, serta para konsultan jalan tol dari Kementerian PU kunjungi kota Bitung, Rabu (09/01/13) siang.

Dalan kujungan Tim Kementrian PU ini disambut langsung oleh Wali Kota Bitung Hanny Sondakh dan langsung melakukan pertemuan bertempat di ruang kerja Wali Kota Bitung, di dampingi oleh Sekretaris Kota Bitung, Edison Humiang, GM Pelindo IV Cabang Bitung, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Bitung, GM Terminal Peti Kemas Bitung, Kepala-Kepala SKPD, dan Para Camat.

Tujuan kedatangan dari Tim ini adalah untuk mengecek sejauh mana proses pembebasan lahan tol yang telah dilakukan Pemerintah Kota Bitung hingga saat ini, serta menghimpun data-data yang ada di lapangan terkait pembangunan jalan tol.

Sondakh  langsung memaparkan kondisi terkini Kota Bitung serta melaporkan proses pembebasan lahan tol yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Bitung sampai saat ini, dimana realisasi pembayaran ganti rugi sudah mencapai 77 persen dengan sumber dana diambil dari APBD Kota Bitung sebesar 10 Miliyar dan untuk tahun 2013 akan menggunakan dana yang berasal dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

Disamping itu, Staf Khusus Menteri PU Ir. Lucky Korah menjelaskan tentang manfaat langsung yang akan diperoleh, karena jalan tol ini akan menciptakan multiplier efek bagi seluruh elemen masyarakat yang ada di Kota Bitung.

Turut dibahas juga aspek-aspek teknis mengenai pembangunan inftrastuktur jalan tol antara lain menyangkut letak dan desain pintu/gerbang tol yang akan dibangun. Seperti yang dijelaskan oleh Pejabat Bina Marga Kementerian PU Rill Mantik, dalam proses pembangunan jalan tol yang ada di seluruh indonesia, masalah yang paling banyak ditemui adalah masalah ketersediaan lahan yang membuat proyek-proyek jalan tol terhambat.

“Oleh karena itu, Saya berharap agar Pemerintah Kota Bitung dapat secepatnya menyelesaikan aktivitas pembebasan lahan tol ini,”tandasnya.(ndo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s