Bolmong Sekarat Dari Banjir dan Longsor

FOKUSMANADO.COM / Longsor Yang Terjadi di jalur Trans Sulawesi 

FOKUSMANADO.COM, BOLMONG – Cuaca tidak menentu yang terjadi beberapa waktu terakhir saat ini, menjadi tanda awas bagi warga masyarakat, ini terkait adanya beberapa titik rawan banjir yang terdapat di Kecamatan Lolayan, Kecamatan Dumoga Bersatu, Kecamatan Poigar terlebih kepada warga yang tinggal dibantaran sungai agar lebih berhati hati. Perlu diingat pula, sesuai data yang ada dari Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika –BMKG Propinsi Sulawesi Utara, bulan  Januari dan februari curah hujan cukup tinggi, sehingga pihak BMKG juga turut mengingatkan warga Bolaang Mongondow senantiasa siaga dan tetap waspada mengantisipasi kemungkinan adanya bencana yang tidak dapat diprediksi datangnya.

Bantaran Sungai Ongkag Saat Terjadi Abrasi 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah -BPBD Kabupaten Bolaang Mongondow Djuhardi Damopolii, SH saat ditemui Rabu (09/01/13) mengatakan, selain titik rawan banjir, ada beberapa beberapa titik rawan longsor yang harus di waspadai selain di jalur trans sulawesi juga terdapat rawan longsor di Kecamatan Passi Barat, Kecamatan Passi Timur dan Kecamatan Bilalang sehingganya masyarakat dihimbau untuk tidak melaksanakan aktivitas di daerah-daerah rawan longsor tersebut.

Juhardi menambahkan ada empat titik di pesisir pantai Bolaang Mongondow yang dinyatakan rawan abrasi pantai yakni pesisir pantai sangtombolang, pesisir pantai lolak, pesisir pantai bolaang, dan pesisir pantai bolaang timur, sehingga masyarakat juga diminta berhati-hati dalam melakukan aktivitas melaut.

“ Saat ini kami telah memasang papan peringatan bagi wilayah yang rawan bencana, dimana tentunya pemerintah senantiasa proaktif memonitor langsung berbagai kondisi dilapangan. Jika terjadi bencana diharapkan warga dapat menghubungi kontak layanan BPBD melalui ponsel dengan nomor 08567059320” ungkap Djuhardi.

Papan Peringatan Rawan Longsor Yang di Pasang BPBD  Dibeberapa Titik Rawan Longsor  

Sementara itu dalam beberapa kesempatan saat melakukan kunjungan pemerintah beberapa waktu lalu, Bupati Bolaang Mongondow Hi. Salihi Mokodongan selalu menghimbau kepada masyarakat khususnya yang berada di tepi jurang maupun di pinggir sungai dan pantai agar senantiasa waspada terhadap bahaya banjir, longsor dan abrasi pantai yang bisa terjadi setiap saat, apalagi dalam cuaca buruk akhir akhir ini. Bupati berharap agar warga juga memperhatikan papan peringatan yang telah dipasang pemerintah melalui BPBD Bolmong di daerah titik-titik rawan bencana.(Red)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s