Marlien Tawas: Satpam Harus Hadapi Tantangan Tugas

FOKUSMANADO.COM / Upacara Hut Satpam yang Ke-32

FOKUSMANADO.COM, TOMOHON – Bertempat di Lapangan Maporles Kota Tomohon dilaksanakan Upacara Hut Satpam yang Ke-32, Selasa (09/01/13). Peringatan Hari Jadi Satuan Pengamanan (Satpam) yang seharusnya jatuh pada tanggal 30 Desember lalu, Baru dapat dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia ini diawal tahun baru 2013.

“Tertundanya waktu peringatan tersebut dikarenakan padatnya kegiatan masyarakat yang membutuhkan perhatian kita bersama. Namun saya yakin dan percaya bahwa hal ini tidak mengurangi makna dan esensi peringatan hari jadi satuan Pengamanan,” kata Kapolres Tomohon Marlien Tawas SH MH dalam amanatnya dalam upacara tersebut.

Lanjutnya, melalui Keputusan Kepala Kepolisian Negara R I No. SKEP/126/XII/1980 tertanggal 30 Desember Tahun 1980, Satuan Pengamanan Dibentuk Untuk Pertama Kalinya. Pembentukan satuan pengamanan sesuai dengan keputusan tersebut didasarkan pada UU Kepolisian No 3 Tahun 1961 yang selanjutnya terus diperbaharui hingga pada UU Kepolisian No 2 Tahun 2002 Tentang Polri yang berlaku saat ini. Dan sebagai langka untuk melakukan pengukuhan terhadap satuan pengamanan Polri dituntut secara hukum menjalankan peran sebagai Quality Assurance(Penjamin Kualitas).

Implementasi Peran tersebut dijalankan oleh Polri dengan menertipkan surat ijin Operasional serta sertifikat kepada BUJP dan anggota satuan pengamanan, melakukan pelatihan, menyelenggarakan kursus spesialis dan menjalankan audit terhadap kinerja satuan pengamanan. Tema HUT Satpam kali ini yaitu Melalui Peringatan HUT Satpam Ke-32, Kita Tingkatkan Kompetensi Dan Profesionalisme Satuan Pengamanan Guna Mewujutkan Peran Pengamanan Swakarsa. Tema ini merupakan cerminan komitmen dan semangat perubahan dari kita semua yang harus terus di realisasikan dengan mengedepankan upaya kerjasama dan konsistenbsi untuk terus mencapai kemajuan.

Beliaupun mengingatkan bahwa kedepan tantangan tugas dan tuntutan masyarakat akan penggunaan jasa pengamanan semakin tinggi. Dalam menjawab tantangan dan tuntutan tersebut, BUJP dan Polri didorong untuk terus dapat menjalankan kemitraan dan sinergi yang aktif dan konstruktif, dalam Forum kemitraan komunitas sekuriti, sehingga kinerja satuan pengamanan akan semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Mengahiri amanatnya selaku pimpinan Polri beliau mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh komunitas securiti, anggota satpam, pimpinan badan usaha jasa pengamanan, asosiasi di bidang pengamanan serta seluruh stake holder terkait atas dedikasi dan kerjasama dalam menumbuhkan kebangkan satuan pengamanan di indonesia. Dan kepada seluruh anggota Satpam dimanapun berada dan bertugas beliau menyampaikan apresiasi yang tinggi dan ucapan terima kasih atas pelaksanaan tugas dan pengabdian. Semoga tugas yang diberikan kepada saudara sekalian dapat terus di pegang teguh dengan penuh tekad dan keiklasan. Hadir dalam acara ini Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak, Sekretaris Kota Tomohon DR Arnold Poli SH MAP bersama Jajaran Pemerintah Kota Tomohon.(Red)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s