Hotel Aryaduta Seminar Nasional AIPI Digelar

FOKUSMANADO.COM / disini tempat akan digelarnya Seminar AIPI 

FOKUSMANADO.COM, PEMPROV – Sulawesi Utara siap gelar seminar nasional AIPI. Penegasan tersebut disampaikan Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Dr. Noudy R. Tendean, Selasa (15/01/13) Kemarin, terkait dengan pelaksanaan seminar nasional AIPI yang telah dipersiapkan jauh hari oleh Ketua Umum AIPI Dr. Sinyo Harry Sarundajang.

Seminar yang mengangkat tema Proyeksi Politik Indonesia tahun 2013 ini akan digelar di Hotel Aryaduta Manado pada Kamis (17/01/13) besok, dimana dalam seminar ini akan diwarnai dengan peluncuran buku Evaluasi Reformasi Birokrasi di Indonesia serta pemilihan pengurus AIPI Cabang Manado.

“Pada prinsipnya Sulut siap menjadi tuan rumah yang baik mengingat pentingnya seminar yang akan diikuti oleh sejumlah pakar politik Indonesia seperti Ryaas Rasyid, Maswadi Rauf, Maswadi Rauf, Syamsuddin Haris, Mochtar Pabottinggi, dan Adriana Elisabeth,”ujar Tendean sembari menghimbau semua pihak yang terkait dengan pelaksanaan seminar ini bisa aktif ambil bagian.

“Seperti para dosen, mahasiswa, praktisi sampai pemerhati politik,”tambahnya.

Mantan Direktur IPDN ini kemudian menjelaskan, berdasarkan penjelasan Gubernur SHS selaku Ketua Umum AIPI, seminar ini sengaja mengangkat tema Proyeksi Politik Indonesia karena pada prinsipnya sistem politik Indonesia tidak bisa dipisahkan dari sejarah bangsa Indonesia, sejak zaman kerajaan, penjajahan, kemerdekaan sampai masa reformasi sekarang.

“AIPI merasa perlu melakukan pengenalan dan pembedahan lebih jauh tentang proyeksi politik di Indonesia, apa dan bagaimana politik nantinya di Indonesia. Yang utama adalah apa dan bagaimana AIPI harus berbuat agar politik di Indonesia sesuai pada porsi dan koridor yang seharusnya,”ujar Tendean mengutip penjelasan SHS.

Menurut Tendean, dinamika politik 2013 ini diyakini akan meningkat, bahkan banyak politisi dan pengamat yang menyebutnya sebagai ‘tahun politik’. Sebutan ini tidak terlalu berlebihan, mengingat ada banyak event politik yang akan berlangsung pada tahun 2013.

Tercatat ada lima belas provinsi dan lebih dari seratus kabupaten/kota yang akan menggelar pemilihan kepala daerah. Beberapa provinsi yang akan menyelenggarakan pilgub merupakan provinsi dengan jumlah pemilih besar, seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Lampung, dan Sulawesi Selatan. Jika dihitung berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2009, jumlah pemilih di lima belas provinsi tersebut mencapai 75 persen total pemilih nasional.

“Mengingat besarnya cakupan pemilihnya, pemilukada di tahun 2013 ini tentu saja akan menjadi momentum bagi parpol untuk mengukur dan mengkonsolidasikan kekuatan menuju tahun 2014,” terang mantan Konseptor gedung putih Sulut ini.

Berdasarkan latar belakang di atas. Jelas Tendean, sangat disayangkan jika pihak berkompeten melewati seminar nasional ini, karena nantinya dalam seminar tersebut akan diwarnai dengan diskusi publik yang antara lain membahas bersama masalah kepemimpinan nasional, peta politik parpol menjelang Pemilu 2014, dan  dinamika politik lokal menjelang Pemilu 2014.(Alex)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s