TNI Operasi Penegakan Ketertiban

FOKUSMANADO.COM / Panglima TNI Laksamana TNI RI Agus Suhartono 

FOKUSMANADO.COM, JAKARTA – Tentara Nasional Indonesia (TNI) menggelar Operasi Penegakan Ketertiban dan Yustisi Tahun 2013 sebagai upaya dalam menekan dan mencegah terjadinya pelanggaran serta perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh prajurit TNI.

“Kegiatan yang dilakukan setiap tahunnya ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan prajurit. Tanpa ada penegakan hukum, kita tidak bisa mengharapkan disiplin prajurit meningkat. Pengawasan terhadap prajurit perlu dilakukan untuk menindak prajurit yang melakukan pelanggaran,” kata Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono usai menjadi Inspektur Upacara Operasi Penegakan Ketertiban dan Yustisi Tahun 2013, di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Rabu (16/01/13) Kemarin.

Operasi ini dilaksanakan dalam bentuk mandiri maupun gabungan di wilayah hukum masing-masing dengan melibatkan Polisi Militer Angkatan Darat (Pomad), Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal), Polisi Militer Angkatan Udara (Pomau) dan dibantu satuan provost Polri.

Operasi Gaktib dan Yustisi TNI 2013 melibatkan 1.389 personel, terdiri dari Mabes TNI 57 personel; TNI AD 281 personel; TNI AL 281 personel; TNI AU 281 personel dan POLRI 195 personel serta panitia dan pendukung 294 personel.

Menurut dia, faktor ekonomi sangat kecil pengaruhnya terhadap pelanggaran yang dilakukan prajurit karena prajurit TNI sudah memiliki penghasilan yang cukup, baik gaji per bulan maupun remunerasi.(anc/fm)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s