Djouhari Kansil: Hidup Bersama Yesus Tak Perlu Bimbang

FOKUSMANADO.COM / Djouhari Kansil saat Memberikan Bantuan 

MINUT, FOKUSMANADO.COM – Ketua Pria Kaum Bapa Jemaat GMIM Pniel Tuna Wawonasa mengatakan peristiwa Yesus mendemonstrasikan berjalan diatas air membuat hati  para murid-murid Yesus terkejut, mereka seakan  bimbang dan ragu karena dikira yang dilihatnya itu adalah hantu. Makna dari cerita tersebut, sering pula melanda kehidupan kita sebagai orang percaya. Hal itu dikatakan Pnt. Dr. Djouhari Kansil MPd,saat memimpin Ibadah di Jemaat Imanuel Talawaan Minut.

Khotbah yang terambil dari Kitab Kudus Perjanjian Baru Matius 14:22-33 berbicara tentang Yesus bejalan di atas air. khotah ini tentunya sudah sangat familiar dan tidak asing lagi di telinga kita, karena sejak anak-anak sekolah minggu kita sudah diajarkannya.

 Firman Tuhan ini meyimpan banyak hal yang sangat mengagumkan, tapi juga sekaligus merupakan kritik kepada kita orang percaya. Contohnya, ketika murid-murid-Nya melihat Dia  berjalan di atas air justeru bukan disambut dengan suka cita iman melainkan dengan ketakutan karena dikira yang datang adalah hantu, apalagi suasana waktu itu perahu mereka sudah beberapa mil jauhnya dari pantai dan diombang-ambingkan, karena angin sakal.

Tetapi segera Yesus berkata kepada mereka, “tenanglah Aku ini, jangan takut”. Lalu Petrus berseruh dan menjawab Dia: Tuhan apabila Engkau itu, suruhlah aku datang kepada-Mu  berjalan diatas air. Kata Yesus “datanglah!” maka Petrus turun dari perahu dan berjalan diatas air mendapatkan Yesus. Tetapi ketika dirasanya tiupan angin, takutlah ia dan mulai tenggelam lalu berteriak: “Tuhan, tolonglah aku!”.Segera Yesus mengulurukan tangan-Nya, memegang dia dan berkata: “Hai orang-orang yang kurang percaya mengapa engkau bimbang?”. Lalu mereka naik ke perahu dan angin pun redalah. Dan orang-orang yang ada diperahun menyembah Dia, katanya Sesungguhnya Engkau Anak Allah, ujar Penasehat PKB Sinode GMIM ini.

Rasa kecemasan dan ketakutan dalam menghadapi masalah, sering kali dialami oleh jemaat.  Karena itu  hidup bersama Yesus tak perlu  bimbangan dan ragu apa lagi merasa takut. Sebab itu dengan yakin kita dapat berkata: “Tuhan adalah penolongku. Aku tidak akan takut. Apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap Aku?”, jelas Ketua PKB Wilayah Mawakom. Usai Ibadah Wagub memberikan bantuan bibit jagung untuk koptan PKB Imanuel sebanyak 5 hektar.

Dalam ibadah tersebut Ketua BPMJ Imanuel Talawaan Pdt. Jenny Rambing Tangkuman, STh, telah melakukan sakramen babtisan anak serta melakukan pisah sambut  Pendeta Jemaat dari Pdt.Jetty Kabenaran, STh kepada Pdt. Vivera Longkeng, STh. Pdt. Kabenaran menjadi Ketua Jemaat Bukit Pengharapan Wil. Bitung, sedangan Pdt Vivera sebelumnya melayanidi jemaat CBA Mapanget. hadir Ibu Mieke Kansil Tatengkeng, BupatiMinut SompieSingal bersama Ibu, dan para pejabat teras pemprov danpemkab Minut.(Alex)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s