Disbudpar Tata Kembali Patung Tololiu dan Worang

Patung Tololiu di Kelurahan Matani. 

Tomohon – Dalam waktu dekat ini, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tomohon akan segera melakukan penataan terhadap dua objek wisata yang ada di Kota Tomohon yakni Patung Tololiu dan Worang.

“Kita memang sudah mengagendakan untuk melakukan penataan kembali dua patung tersebut, dalam hal ini melakukan pengecatan kembali. Tentu saja dengan memperhatikan unsur etika, estetika dan nilai budaya yang terkandung,” ungkap Kadis Budpar Kota Tomohon Drs Gerardus Mogi.

Disinggung soal pihak yang melakukan pengecetan, Mogi mengaku bahwa itu bukan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. “Kami tidak mengetahuinya. Oleh sebab itu saat ini kami sementara mencari tahu apakah ada anggarannya. Namun ini tetap tidak akan menghambat kami untuk mengecetnya kembali,” ujarnya.

Seperti diketahui, oleh sejumlah tokoh masyarakat Kota Tomohon belum lama ini melayangkan kecaman terhadap pihak yang telah merubah warna baju Patung Tololiu dan Worang karena dinilai telah melecehkan nilai budaya dan histori dari kedua patung tersebut..(bmc)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s