Talaud Butuh Perhatian Serius Dari Pemerintah Pusat

FOKUSMANADO.COM / Pasar Talaud 

TALAUD, FOKUSMANADO.COM – Seharusnya pemerintah pusat mengeluarkan kebijakan khusus agar bahan kebutuhan masyarakat di kepulauan bisa menikmati bebutuhan dengan harga murah. Demikian dikatakan Bupati Kepulauan Talaud Constantine Ganggali.

“Kendala yang masih meresahkan masyarakat tinggal di kepulauan Talaud, yakni harga bahan kebutuhan masyarakat terlalu mahal, karena itu pemerintah perlu ada kebijakan khusus untuk distribusi bahan,”ujar Ganggali di Talaud.

Lanjutnya, untuk harga eceran semen di Melonguane sebagai ibukota kabupaten, mencapai Rp85 ribu per zak (50 kg) atau 55 persen lebih mahal ketimbang harga di pasaran Manado hanya berkisar Rp54 ribu per zak.

“Bukan hanya itu, bahan pokok lainnya sanagat mahal yang akan didapat di Talaud, seperti harga bahan bakar minyak(BBM) khususnya premium di tingkat pedagang eceran, diluar titik resmi penjual Pertamina yang banyak di Talaud mencapai Rp10 ribu per liter, dua kali lipat lebih mahal ketimbang harga di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) hanya Rp4500 per liter,”jelasnya.

Dikatakannya, tingginya harga kebutuhan pokok masyarakat Talaud, disebabkan biaya transportasi angkutan laut yang sangat mahal, karena jarak tempuh dari Manado yang memakan waktu sembilan hingga 12 jam.

“Untuk itu, sudah saatnya pemerintah menelorkan satu kebijakan khusus yang dapat membuat biaya angkutan lebih murah dan gampang didapat, sebab dengan begitu harga bahan kebutuhan masyarakat dapat lebih terjangkau,”tuturnya seraya menambahkan, mahalnya harga kebutuhan masyarakat, berdampak pula pada proyek pemerintah di Talaud tidak berlangsung seperti yang kita harapkan sebagaimana yang dilaksanakan daerah lainnya.(Red)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s