Vicky Lumentut Siap Tempur di Lapangan

FOKUSMANADO.COM / Wali Kota Manado saat membantu mengangkat puing yang tersisa  

MANADO, FOKUSMANADO.COM – Wali Kota, Dr. GS. Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA yang didamping Wakil Walikota Manado, Harley Alfredo Benfica Mangindaan, SE, MSM dan Sekretaris Daerah kota Manado, Ir. MHF. Sendoh, Senin (21/01/13) lalu, memimpin pembersihan sisa material bangunan berupa gundukan tanah, pasir dan batu sisa pembuatan got/riol pada ruas jalan menuju rudis Wali Kota.

Walaupun sisa material yang menghalangi badan jalan dan memberi kesan yang tidak estetik tersebut bukan tanggung jawab pemerintah kota Manado, namun harus dibersihkan demi menciptakan lingkungan kota Manado yang estetik dan sehat, dan dalam rangka menghadapi penilaian kota sehat.

Penilaian Kota Sehat dilakukan secara berjenjang. Mulai dari tingkat provinsi dan yang terakhir dinilai oleh tingkat nasional. Piala Kota Sehat terdiri dari tiga tingkatan, yakni Swasti Saba Padapa, Swasti Saba Wiwerda, dan Swasti Saba Wistara, sebagai penghargaan yang diberikan oleh Kementrian Kesehatan RI setiap dua tahun sekali. Kota Manado sudah tiga kali meraih piala Kota Sehat, yaitu Tahun 2007 dan 2009 meraih penghargaan Swasti Saba Padapa, dan Tahun 2011 meraih Swati Saba Wiwerda. Pada tahun 2013 ini, peluang kota Manado untuk merebut piala Kota Sehat sangat besar.

Sejumlah pengakuan dan penghargaan yang diberikan seperti Adipura, Langit, Biru, Pakarti Utama III untuk Lingkungan Bersih Sehat (LBS) yang diraih oleh Kelurahan Karombasan Selatan, Car Free Day, perbaikan sejumlah drainase, dan sejumlah penataan lingkungan lainnya merupakan berbagai upaya nyata yang membuat kota Manado berpeluang besar meraih penghargaan Kota Sehat.(Red)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s