Dipenda Sulut Terus Optimalkan Sumber Patda

FOKUSMANADO.COM / Wakil Gubernur Sulut Djouhari Kansil saat menjelaskan  

PEMPROV, FOKUSMANADO.COM – Wakil Gubernur Sulut Dr. Djouhari Kansil MPd, menegaskan jajaran Dinas Pendapatan (Dipenda) Provinsi  Sulut, memasuki tahun 2013 ini kiranya terus berinovasi menggali sumber-sumber pendapat daerah. Penegasan itu disampaikan, pada rapat evaluasi kinerja tahun 2012 dan apel kesiapan kerja tahun 2013 di lingkungan Dipenda Provinsi Sulut, di Hotel Formosa, Rabu (23/01/13) Kemarin.

”Dipenda sebagai salah satu SKPD kunci kiranya terus mewujudkan sasaran-sasaran pembangunan sulut, maka perlu terus  berinovasi, lebih kreatif, mantapkan terus sinergitas dan team work, serta tentunya mutlak memiliki  kesatuan visi dalam mengoptimalkan sumber-sumber pendapatan daerah (patda) dari berbagai sektor,” kata Kansil.

Sumber-sumber patda dimaksud, seperti dari sektor pajak kendaraan bermotor (PKB), pajak kendaraa diatas air (PKAA), Bea Balik Nama kendaraan bermotor (BBN-KB), bea balik nama kendaraan diatas air (BBN-KAA), Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBB-KB) Pajak Pengambilan dan Pemanfaatan Air Permukaan (P3AP dan Pajak pengambilan dan Pemanfaatan Air Bawah Tanah (P3 ABT), jelas Kansil.
Ia menyebutkan, kesemuanya ini adalah dalam rangka mendorong gerak penyelenggaraan pemerintahan pembangunan dan kemasyarakatan di daerah ini termasuk melalui dana perimbangan bagi hasil pajak yang berasal dari Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dan Pjak Penghasilan (PPH OPDN).

Disamping itu, Kansil juga minta jajaran Dipenda kiranya mampu  menguasai kompetensi profesionalisme pelayaan publik yaitu kompetensi teknis, kompetensi etika dan kompetensi leadership.

Karena itu melalui kegiatan ini, diharapkan dapat mengevaluasi sejauh mana peran dan langkah-langkah yang sudah dilakukan oleh jajaran Dipenda, sekaligus membahas bagaimana mengoptimalkan pengelolaan kebijakan intensifikasi dan ekstensifikasi baik melalui pajak daerah, retribusi daerah, hasil perusahaan milik daerah dan hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan, sambil terus memantapkan sistem dan mekanisme pelayanan publikdalam rangka meningkatkan kepercayaan dan partisipasi masyarakat serta patda Sulut.

Kadis Penda Sulut Gammy A Kawatu melporkan kegiatan itu selain diikuti para pejabat eselon III dan IV di Kantor pusat juga melibatkan seluruh Kepala UPTD di Kabupaten/Kota. Sementara tujuannya, mantan Asisten III Setda provinsi Sulut ini menyebutkan, guna memerkuat tekad dan komitmen jajaran Dipenda Sulut untuk terus memantapkan dan mensinergikan berbagai kebijakan dan program Pemprov Sulut melalui Depanda Sulut.(Alex)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s