Inilah Kriteria Lomba Kebersihan dan Kamtibmas Tomohon

FOKUSMANADO.COM / Jimmy F Eman, SE Ak Wali Kota Tomohon 

TOMOHON, FOKUSMANADO.COM – Dalam upaya meningkatkan kepedulian dan komitmen bersama masyarakat untuk menciptakan kebersihan, keindahan, keamanan dan kenyamanan yang menjadi kebangggan bersama sehingga nantinya memiliki efek ganda bagi kehidupan dan perekonomian rakyat serta daya tarik kunjungan wisata yang dampaknya akan langsung dinikmati oleh seluruh komponen masyarakat Kota Tomohon, sekaligus untuk merayakan HUT Kota Tomohon ke X.

Maka Pemerintah Kota (Pemko) Tomohon melalui panitia HUT Kota lebih khusus seksi Lomba Kebersihan dan Kamtibmas menginformasikan beberapa kriteria penilaian dalam kegiatan lomba.

Hal ini seiring dengan komitmen Wali Kota Jimmy F. Eman, SE.Ak yang begitu peduli dengan kebersihan, keamanan dan pelestarian alam dan Lingkungan sekitar untuk kelangsungan hidup bersama. Sekaligus untuk menunjang Tomohon untuk mendapatkan Sertifikat Adipura menuju Piala Adipura sebagai penghargaan Kota Bersih dan Indah.

Selanjutnya kriteria dalam penilaian tersebut diantaranya adalah, Peran serta Kelurahan/SKPD dalam penataan taman : memiliki taman di halaman rumah/pot bunga, Komposisi penempatan taman bunga, Kebersihan dan keindahan taman.

Peran serta kelurahan/SKPD dalam kebersihan : Kebersihan halaman dan lingkungan, Memiliki tempat sampah terpilah (basah dan kering), Memiliki lubang sampah di belakang rumah untuk sampah organik, Kebersihan jalan di depan rumah, Kebersihan selokan, Kebersihan sarana dan Prasarana Umum. \

Peran serta kelurahan/SKPD terhadap kerapihan dan keindahan lingkungan, Memiliki papan nama jalan, Ada tanda batas lingkungan, Memiliki tiang bendera dan umbul-umbul, Pagar ditata dan dicat, Penanaman bunga di pilar jalan, Memasang lampu hias/lampion

Pemanfaatan lahan kosong di daerah pemukiman/rumah, Ada apotik dan dapur hidup, 10 program PKK/hatinya PKK, Penanaman pohon di halaman kosong. Kamtibmas : Adanya pos kamling, Pos penjagaan kamtibmas di kantor kelurahan.

Kegiatan wajib ini diikuti oleh Seluruh SKPD dan penilaiannya dilaksanakan mulai tanggal 22-26 Januari 2013. Dan beberapa SKPD telah mangadakan penataan ruangan dan kegiatan bersih-bersih seperti di Bagian Administrasi Humas dan Protokol.(Red)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s