Djouhari Kansil: Hak Rakyat Jangan Dipotong-potong Petugas Diskop

FOKUSMANADO.COM / Djouhari Kansil Wakil Gubernur Sulut saat menerangkan  

PEMPROV, FOKUSMANADO.COM – Kepada jajaran Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut),  memasuki tahun 2013 ini, terus berdayakan sumber daya manusia UMKM lewat ke-ikut sertaan mereka dalam pelaksanaan pendidikan dan pelatihan (Diklat) di Balatkop Mando. Demikian ditegaskan Wakil Gubernur Sulut Dr. Djouhari Kansil MPd saat membuka Rapat Koordinasi Pemberdayaan Koperasi dan UMKM, yang dihelat di Hotel Sahid Kawanua Manado, Rabu (23/01/13) Kemarin.

Menurut Kansil pemerintah provinsi sudah menyiapkan gedung padise product promotion di kairagi sebagai lokasi pameran bagi para pengusaha yang bergerak di sektor UMKM bersama travel biro perjalanan yang ada.

”Karena itu menjadi tugas Diskop dan UMKM untuk segera melatih para pengusaha kecil mikro menengah yang cukup banyak tersebar di seluruh Kabupaten/Kota se- Sulut agar tingkat pengetahuan mereka lebih berkembang sehingga nantinya hasil produk Souvenir mereka akan lebih berkualitas lagi di banding tahun-tahun yang lalu,”Kata Kansil.

Disebutkan pula, souvenir yang dihasilkan nanti kiranya, menggambarkan budaya daerah termasuk potensi-potensi yang ada lainnya, tinggal bagaimana Diskop mengembangkan potensi yang ada itu termasuk enceng gondok yang ada di danau tondano.

”Karena itu saya menantang seluruh Kadis Koperasi dan UMKM di Kabupaten/Kota untuk mengembangkan kreasinya dalam meningkatkan kualitas hasil produk UMKM, karena tujuan dari semua itu tidak lain adalah demi untuk mensejahterakan rakyat kita juga,”jelasnya sembari memberi contoh di Sitaro bisa dikembangkan buah pala menjadi minuman segar, dan manisan, Minahasa dengan buah cengkih, Tomohon dengan pengembangan bunga, Minsel dengan agro industri, dan Bolmong raya dengan pengembangan kopi dan kacang serta Bitung dengan pengembangan perikanan.

Kansil beralasan, bahwa sulut merupakan darah yang sangat subur, hanya tinggal menggali potrnsi-potensi yang ada itu untuk dapat dikembangkan.

Diakhir sambutannya Orang Nomor Dua di Sulut ini tak lupa mengimbau agar bantuan-bantuan bagi UMKM harus dimanfaatkan dengan baik, sehingga bisa di rasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Apa yang menjadi hak mereka (rakyat)  jangan dipotong-potong oleh petugas Diskop,”pungkasnya.

Dalam kegiatan itu, turut di hadiri Deputy Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM Nedy Rafinaldy Halim dan Asdep Sarana dan Prasarana Nyak Ubin.(Alex)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s