Uji Integritas Caleg, Parpol Gandeng Lembaga Independen

FOKUS MANADO NEWS / Adnan Pandu Praja 

Jakarta – Wakil Ketua KPK Adnan Pandu Praja memiliki gagasan mengenai bagaimana parpol dapat memastikan seorang caleg berintegritas. Sang kandidat harus lolos dari tes yang dilakukan oleh lembaga independen.

“Para calon seyogyanya adalah mereka yang dapat membesarkan partai dan tidak berpotensi untuk menjadi beban partai. Diperlukan dua syarat minimal yakni integritas tinggi, dan mempunya kompetensi prima,” kata Pandu dalam perbicangan, Kamis (24/1/2013).

Menurut Pandu, ada beberapa cara untuk menguji tingkat keintegritasan seseorang. Khusus untuk caleg yang pernah berstatus sebagai penyelenggara negara, kata Pandu, parameter pengujiannya lebih detil.

“Kedua hal tersebut bisa diperoleh dengan cara, pertama lolos tes yang diselenggarakan oleh lembaga independen. Kedua untuk mereka yang penyelenggara negara, harus lolos clearens dari KPK, PPATK, dan Komnas HAM serta mengisi formulir harta kekayaan yang dapat dipertanggungjawabkan,” ujar mantan sekretaris Kompolnas ini.

Sejak KPK berdiri pada 2002, lembaga ini sudah berulang kali menyeret anggota dewan ke pengadilan. Sampai saat ini, tak ada satupun terdakwa yang dihadirkan KPK, dibebaskan oleh pengadilan. Terakhir, Angelina Sondakh diputus bersalah dan dijatuhi hukuman 4,5 tahun oleh pengadilan negeri Tipikor Jakarta.

Pemilu Legislatif memang semakin dekat. Pada April tahun ini Parpol harus sudah menyerahkan nama Caleg ke KPU.

Saat ini, sebanyak 10 partai politik nasional yang menjadi peserta pemilu mulai disibukkan dengan persiapan penyusunan daftar calon anggota legislatif yang akan diusung masing-masing partai. Pada tanggal 9-15 April 2013 mendatang, seluruh partai diharuskan menyerahkan daftar calon sementara (DCS).

Setelah itu, KPU akan melakukan verifikasi caleg pada 16-22 April 2013. Penetapan daftar caleg tetap untuk tingkat DPR akan dilakukan pada 4 Agustus 2013.(bkc)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s