Wakil Gubernur: Sulut Potensial Pengembangan Tujuan Wisata

FOKUSMANADO.COM / Wakil Gubernur Sulut Djouhari Kansil saat membuka Garuda Indonesia Manado Travel Fair 2013 di Mantos 

PEMPROV, FOKUSMANADO.COM -Pariwisata di Sulawesi Utara (Sulut) sudah tercatat sebagai industri dengan tingkat pertumbuhan tercepat di dunia. Hal ini membuat World Tourism Organisation (WTO)  mengagendakan tourism 2020 vision sebagai target pembangunan jangka panjang. WTO juga memprediksikan, perjalanan wisata kategori Long-Haul Travel di seluruh dunia akan meningkat dengan pertumbuhan sekitar 5,4% hingga tahun 2020 dibandingkan denganperjalanan wisata kategori Inraregional Travel yang hanya mengalami kenaikan 18%. Demikian dikatakan Wakil Gubernur Sulut Dr. Djouhari Kansil MPd saat membuka Garuda Indonesia Manado Travel Fair 2013 di Mantos, Jumat (25/01/2013) Kemarin.

Pemerintah Indonesia sendiri menargetkan 7,7 Juta wisatawan mancanegara (wisman) pada tahun 2011 melalui Branding Pariwisata Indonesia yaitu “Wonderful Indonesia”, yang pertama kali disampaikan dalam forum internasional pertemuan Menteri Pariwisata ASEAN 17-18 Januari 2011 di Kamboja yang terus disosialisasikan hingga tahun tahun 2013 ini. Slogan ini dipandang sangat pantas untuk mencerminkan keindahan alam, situasi budaya, serta pariwisata Indonsia, termasuk di Provinsi Sulut,ujarnya.

Lanjutnya, Provinsi Sulut, sangat potensial untuk dikembangkan sebagai daerah tujuan wisata, karena memiliki posisi strategis yang berada di bibir pacific(Pasific Rim)yang merupakan jalur perdagangan dunia serta pusat distribusi barang dan jasa sebab letaknya relatif dekat ke beberapa pusatpertumbuhan ekonomi dunia.

Disamping itu, Sulut memiliki potensisumber daya alam yang melimpah,sertaoleh pemerintah pusat, daerah ini telah ditetapkan sebagai salah satu dari 10 destinasi unggulan pariwisata di Indonesia dan salah satu dari 10 provinsi penyelenggara tujuan MICE (Meeting, Incentive, Convention dan Exebition. Berbagai keunggulan ini,saya yakin mampu mendorong ekspansi sektorpariwisata sulut,sehingga kedepan akan semakin meningkatkan angka kunjungan wisatawan sesuai target capaian,pungkasnya.(Alex)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s